Cara Kerja Dan Rangkaian Power Window Pada Mobil [TERLENGKAP]

Posted on

Cara Kerja Dan Rangkaian Power Window Pada Mobil – Power window sendiri merupa sebuah rangkaian perangkat elektronik yang mempunyai fungsi sebagai penggerak naik dan juga turun dari kaca mobil dengan memakai bantuan saklar, yang mana untuk saklar power window terletak terletak dibagian pintu mobil.

Cara Kerja Power Window Pada Mobil

Pada saat menekan tombol saklar tersebut, maka secara otomatis motor power window akan bergerak berputar kemudian diubah oleh regulator dan selanjutnya diubah menjadi gaya naik turun, hal itulah kenapa yang membuat kaca mobil bisa terbuka dan juga tertutup.

Cara Kerja Power Window Mobil

Untuk regulator power window ataupun sistem pengangkat tersebut sangatlah penting keberadaannya didalam sebuah rangkaian power window mobil. Dan pada salah satu motor listrik kecil yang sudah diterapkan pada regulator serta meamkai rasio gigi yang dapat menghasilkan putaran dengan tenaga motor yang cukup mampu untuk bisa menaikan kaca mobil dan juga bisa sekaligus untuk membuat kaca mobil  naik dan turun dengan teratur dan lancar.

Selanjutnya selain ada regulator, terdapat juga beberapa komponen elektronik yang penting didalam rangkaian power window mobil, antara lain ialah :

Komponen Rangkaian Power Window Mobil

  • Saklar Tunggal Power Window
  • Saklar Utama Power Window
  • Fuse
  • Relay
  • Sikring
  • Motor Penggerak Power Window

Itulah beberapa komponen yang sangat penting, berikutnya setelah kita membahas beberapa komponen yang penting didalam rangkaian power window mobil tersebut, untuk yang selanjutnya  mari kita langsung saja membahas tentang cara kerja power window. Apakah  anda penasaran? Untuk lebih jelasnya simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Skema Dan Cara Kerja Power Window Pada Mobil

Cara Kerja Power Window

Pada saat kunci kontak diputar ke posisi ON, secara otomatis arus listrik dari baterai mobil akan menuju sikring kemudian ke terminal 1 relay –> terminal 3 –> massa, maka hal tersebut akan menyebabkaan gulungan relay berubah menjadi magnet dan titik kontak yang berhubungan sehingga arus listrik maka mengalir menuju terminal 2 relay kemudian ke terminal relay 4 –> ke terminal 1 pada saklar power window switch ini akan mengalir ke terminal 5 pada power window.

Untuk energi listrik yang berada pada baterai tersebut nantinya akan dirubah akan menjadi energi gerak, dan yang nantinya kaca jendela mobil bisa naik dan turun secara otomatis jika tombol ditekan.

Cukup simple bukan. Kali ini anda sudah mengetahui bagaimana sistem kerja dari power window pada mobil. Bila pada salah satu komponen pada rangkaian power window tersebut mengalami kerusakan maka power window mobil anda tidak bisa berfungsi secara maksimal. maka anda perlu membawanya ke bengkel khusus untuk bisa memperbaiki power window tersebut.

Sekian informasi yang dapat TutorialOtomotif sampaikan tentang sistem kerja power window pada mobil. Semoga informasi yang kami sampaikan dikesempatan  ini bisa sangat bermanfaat dan menambah wawasan dalam dunia otomotif, terimakasih sudah mengunjungi artikel ini.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya: