[WAJIB BACA] Uji Konsumsi BBM Pajero Sport Dakar Terbaru

Posted on

[WAJIB BACA] Uji Konsumsi BBM Pajero Sport Dakar Terbaru

Uji Konsumsi BBM Pajero Sport Dakar Terbaru – Pabrikan Mitsubishi tahun lalau mengeluarkan varian terbarunya yaitu All New Pajero Sport 2016 dengan memakai mesin lebih kecil (2442 cc) ,meski kecil akan tetapi tenaga yang dihasilkan lebih besar (181 Hp).

Konsumsi BBM Pajero Sport UjiUntuk varian terbaru Mitsubishi Pajero Sport ini menggunakan kode mesin 4N15 berbeda dengan Pajero sebelumnya yang masih menggunakan kode 4D56. Terus bagaimanakah dengan konsumsi bahan bakarnya, dengan tenaga yang dihasilkan lebih besar apakah menjadi lebih boros?

Pihak Mitsubishi telah mengklaim jika mesin Pajero Sport terbaru ini mempunyai konsumsi bahan bakar 5% lebih irit dibandingkan dengan mesin pajero generasi yang sebelumnya berkode 4D56, tetapi mesin lawas pajero ini masih dipakai pada Pajero Sport GLX serta Exceed 2016 dimana tenaganya pun jauh berbeda dibandingkan dengan mesin yang baru.

Tanpa adanya turbo mesin lama hanyalah bertenaga 136 Hp saja, yang berbeda dengan mesin baru dan yang telah  dilengkapi turbo tentunya cukup meningkatkan tenaganya, dugaan kami adalah mesin yang lebih baru akan lebih irit pula, karena menggunakan ukuran mesin yang lebih kecil dari yang sebelumnya, hal tersebut tidaklah salah dimana penurunan kapasitas mesin ini memang bertujuan untuk efisiensi penggunaan bahan bakar.

Menurut Mitsubishi bahwa dengan iritnya mesin pajero sport terbaru tersebut bukan semata-mata hanya pada mesin yang dipakai lebih kecil saja, akan tetapi pemakaian transmisi 8 percepatan pada pajero sport 2016 juga dapat memperhalus hentakan mesin sehingga bisa menambah ringan kinerja mesin.

Sebagai mobil bermesin diesel dengan tenaga yang cukup besar maka konsumsi bahan bakar pada kisaran 1:12 sudah tergolong irit, jika kita bandingkan dengan mobil hartop yang mempunyai konsumsi bahan bakar 1:5 atau 1:7 dengan angka tersebut jelas jauh berbeda, kita ambil contoh saja Isuzu panther konsumsi bahan bakarnya yang berkisar di angka 1:14  tetapi dengan tenaga yang dihasilkan jauh dibawah Mitsubishi Pajero.Konsumsi BBM Pajero Sport New

Untuk pihak Mitsubishi telah mengklaim bahwa konsumsi bahan bakar Pajero Sport 2016 (4×2) ialah 1:12,5  sedangkan untuk yang bertransmisi 4×4 konsumsi bahan bakarya 1:12,3 dan hanya terpaut sedikit saja.

Sedangkan  untuk Akselerasi Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4×4 lebih baik jika dibandingkan Toyota Fortuner dimana akselerasi Toyota Fortuner 100 KPJ dari 0 KPJ bisa ditempuh dengan waktu 12,9 detik sedangkan untuk Pajero Sport 4×4 hanya memerlukan waktu 10,6 detik saja.

Konsumsi Bahan Bakar Pajero Sport Dakar

Konsumsi bahan bakar Pajero dapat dikatakan seimbang, untuk Toyota fortuner diesel 4×4, dan tetapi untuk perbedaan pada tenaganya dimana Mitsubishi Pajero bertenaga 181 Hp sedangkan untuk Toyota Fortuner hanya sekitar 150 Hp (tenaga kuda). dengan rival terdekatnya yaitu Toyota Fortuner dimana untuk rute kombinasi sekitar 1:12,5.

Untuk pengetesan kami konsumsi bahan bakar untuk rute dalam kota 9,8 km/liter. sedangkan untuk rute dalam  tol 14,7 km/liter. Dengan bobot pajero 1.910 kg, pencapaian tersebut memang tergolong baik.

Dibandingkan dengan mitsubishi Pajero Sport Dakar lawas, angka tersebut masih terbilang irit. Untuk pajero sport Dakar lawas mencatat konsumsi bahan bakar dalam kota 9,8 km/l sedangkan dalam tol 13,2 km/l. Kalah tenaga dan juga torsi membuatnya tidaklah kehilangan daya untuk menjaga konsumsi bahan bakar.Konsumsi BBM Pajero Sport Dakar

Dan yang perlu anda catat bahwa untuk varian GLX dan Exceed mesinnya memakai mesin yang lama dengan tenaganya hanya 136 Hp (tanpa turbo), dab untuk mesin fortuner terbaru sudah dibenamkan pada varian Dakar dengan tenaga yang dihasilkan 181 Hp.

Untuk pesanan yang sudah banyak ke Mitsubishi Indonesia ternyata konsumen yang paling banyak membeli yaitu tipe Dakar 4×2 AT dengan harganya yang mencapai  496 juta rupiah, meskipun dengan berpenggerak 4×2 tetapi selisih harganya terbilang jauh dibawah tipe penggerak 4x4nya tenaganya juga sama-sama 181 Hp.

Demikian informasi tentang konsumsi bahan bakar pajero sport, semoga bermanfaat dan terimakasih sudah mengunjungi artikel ini.

Baca Juga: