Ini Loh! Cara Membuat Pendingin Mesin Motor Sederhana [MUDAH]

Posted on

Cara Membuat Pendingin Mesin Motor Sederhana – Pada kesempatan kali ini kami akan sedikit sharing pada anda semua tentang cara membuat kipas tambahan pada sepeda motor kesayangan anda yang sangat berguna untuk dapat mendinginkan suhu mesin motor.

Cara Agar Mesin Motor Tidak Mudah Panas

Sebenarnya jika motor anda standar tidak terlalu penting memasang komponen tersebut, karena dari pihak dealer atau produsen motor tersebut, sudah melakukan pengujian pastinya, kecuali pada motor anda sudah dirubah atau di bore up.

Cara Membuat Pendingin Mesin Motor

Tentu jika demikian panas motor akan melebihi batasnya dan sangat berbahaya jika motor digunakan untuk perjalanan jauh, untuk itu haruslah dibuat pendingin mesin, apakah anda penasaran bagai mana cara untuk membuatnya? Dan untuk lebih jelasnya simak pemaparan berikut ini.

Alat Dan Komponen Membuat Pendingin Mesin Motor

Alat dan komponen yang dibutuhkan yaitu :

  • Saklar 3 kaki
  • Kipas pendingin CPU komputer (DC 12 V)
  • Isolasi hitam
  • Kabel secukupnya
  • Kabel tie
  • Bracket besi
  • Silet atau cutter
  • Gunting
  • Dll

Demikian itulah beberapa komponen yang perlu anda siapkan untuk membuat pendigin mesein, kemudian setelah semua alat-alat serta komponen sudah anda disiapkan, selanjutnya akan kita mulai melakukan perakitan untuk lebih jelasnya TutorialOtomotif akan memaparkannya :

 Cara Membuat Pendingin Mesin Motor Bebek Atau Matic

  1. Langkah yang pertama ambil kipas pendingin komputer kemudian perhatikan juga bilah kipasnya. Pada bagian yang cekung berada di luar, sedangkan untuk yangg cembung berada di dalam. Itu karena cara kerja kipas ini adalah menyedot udara panas dari mesin serta membuangnya keluar, dan bukan sebaliknya.
    Cara Membuat Pendingin Mesin Motor Sederhana Cara Membuat Pendingin Mesin Motor Cepat
  2. Kemudian ikat lah kipas tersebut pada bracket dengan menggunakan kabel tie, kemudian jangan lupa rapikan.
  3. Langkah selanjutnya sambung kabel arus positif (biasanya berwarna merah) pada kipas ke sumber arus positif (+) pada kunci kontak atau bisa langsung pada aki.
  4. Serta jangan lupa untuk taruh saklar pada bagian tengahnya supaya nantinya bisa kita on-off kan. Dan letakkan saklar pada tempat yang mudah untuk dijangkau oleh tangan anda. Jangan lupa untuk sambung kabel arus negatif (hitam) pada negatif (-) aki.
    Cara Membuat Pendingin Mesin Motor Mudah
  5. Kemudian taruh atau letakkan kipas pada posisi yang pas seperti berada disamping mesin dengan cara membautkan bracket pada mesin atau di tempat lainnya.
  6. Maka kipas pendingin sukses anda pasang.
  7. Bila perlu tambahkan lampu LED, supaya menjadi lebih keren ika menyala di malam hari .

Penting: Prinsip dari kerja kipas pendingin sendiri adalah untuk bisa menyedot uadara panas dari mesin yang bertujuan untuk dibuang keluar, dan bukan untuk mengipasi mesin, maka jangan sampai kebalik saat memasangnya.

Pada kipas ini silahkan dinyalakan pada waktu terjebak macet, karena dengan begitu udara panas menjadi lebih cepat terbuang serta mesin dapat lebih adem. Serta anda bisa mematikan pada saat tidak kita butuhkan dengan saklar yang anda pasang tadi.

Selain itu akan membuat tampilan motor juga akan terlihat makin keren dan juga mesin terlihat lebih padat pada saat memakai kipas tersebut.

Demikianlah sedikit informasi yang bisa kami sampaikan dan semoga bisa bermanfaat tentunya dapat menambah wawasan dalam dunia otomotif, terimakasih sudah mengunjungi artikel ini.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya: