17 Cara Tune Up Motor Satria Fu “Murah Tapi Kencang” [MUDAH]

Posted on

17 Cara Tune Up Motor Satria Fu “Murah Tapi Kencang” [MUDAH]


17 Cara Tune Up Motor Satria Fu “Murah Tapi Kencang” – Jenis sepeda Motor Suzuki Satria FU pada saat memang masih banyak digandrungi oleh para kalangan pelajar, dikarenakan selain dari bentuknya yang sporty, serta dari segi harga juga cukup terjangkau, dan sering kali para pemilik motor langsung memakai motor ini dengan hanya settingan standar.

Cara Tune Up Motor Satria Fu Tercepat

Tetapi  tidak sedikit juga yang mengganti knalpotnya dengan menggunakan versi free flow dan ada juga yang mengganti pelek dengan tipe jari-jari serta ukuran ban super tipis seperti motor drag, karena banyak yang hanya fokus pada tampilan, maka performa Satria FU model ini juga akan kurang stabil dan susah untuk belok saat di geber pada tikungan.

Karena banyaknya langkah mengupgrade motor Satria FU yang asal-asalan, maka kami panduanmontir.com akan membagikan beberapa tips untuk menyeting motor Satria FU dengan biaya murah dan juga terjangkau, tetapi tetap memiliki performa yang maksimal, lalu bagaimanakah caranya? Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini:

Cara Tune Up Motor Satria Fu

1. untuk hal pertama yang perlu dilakukan ialah dengan setting karburator, caranya dengan merubah ukuran Pilot Jet serta Main Jet (spuyer) tentunya sesuai dengan yang diinginkan, untuk masalah harganya tidaklah mahal, karena anda hanya perlu mengeluarkan uang sekitar 30 ribuan bila masih terasa terlalu mahal, maka silahkan menggunakan spuyer aftermath yang biasanya dibanderol dengan harga 15 sampai 20 ribuan.

2. cara selanjutnya dengan melepas kepala silinder, mempakai 1 lapis yang tengah agar menaikkan rasio kompresi, untuk melakukan langkah ini di bengkel khusus upgrade bertujuan untuk menghindari tabrakan antara piston dan klep serta sekaligus untuk menghindari terjadinya kebocoran oli.

3. Langkah berikutnya yang perlu dilakukan ialah melakukan porting polish pada lubang in dan out masing – masing dengan perbesar diameternya dan menurut patokan rumus porting polish yang telah banyak beredar di internet, anda juga bisa memakai jasa bengkel rumahan saja dengan biaya yang sudah di sepakati bersama dengan mekanik tersebut.

Cara Tune Up Motor Satria Fu Kencang

4. Langkah opsional atau pengganti langkah 1 ialah dengan mengganti karburator dengan milik motor RX King, dengan memakai spuyer PJ 20 MJ 135, dan setelan udara 1,5 dengan putaran berlawanan jarum jam dan setiao motor bisa berbeda.

5. Posisi klip jarum skep rubah di ulir nomor 2 dari atas, atau dengan pilihan lain memakai punya motor NSR SP Keihin PE 28 untuk harganya sekitar 600 ribu dan jangan lupa untuk memasang keran bensin model kompresor, berguna untuk menggantikan model vakum supaya aliran bensin lancar dan tidak banjir saat mesin mati.

6. dengan megatur ulang TMB dan TMA piston serta atur juga posisi top camshaftnya harus di atur ulang (Dialing) pada intinya kerenggangan klep harus dibuat lebih sempit dan harus dilakukan oleh ahlinya atau mekanik dealer.

7. cara menyeting motor Satria FU yang selanjutnya ialah melepas saringan udara (bila karburator telah diganti), atau dengan membuat 3 lubang dikertas saringan udaranya denganmasing – masing berukuran 0,5 x 4 cm.

8. kemudian kurangi panjang kabel koil sekitar 10% saja, caranya tinggal potong dan selanjutnya pasang kembali cop businya dengan kuat, caranya ditekan dan diputar hingga ngedrat (biasanya bunyi krek).

9. Aturlah celah busi standarnya menjadi 0,9 sampai 1 mm atau dengan mengganti businya memakai jenis Iridium atau jenis busi racing yang lainya.

10. Pakailah oli khusus motor yang dengan tingkat keenceran SAE 10/40 (dengan merk oli apa saja sesuai selera anda).

11. bisa dengan mengganti knalpot free flow atau knalpot standart racing supaya tampilan lebih macho serta bisa menaikan tenaga motor.

Cara Tune Up Motor Satria Fu Ganti Knalpot

12.kemudian usahakanlah posisi as roda belakang sedepan mungkin potong rantai kira – kira 2 mata, karena semakin pendek rantai maka akan semakin mudah untuk bermanuver.

13.Berikutnya dengan mengganti per kopling, lakukanlah langkah ini pada bengkel saja karena cukup susah, kemudian pada ujung kabel kopling yang diatas bak mesin dengan memasang per untuk mendorong tuas pada pengungkit kopling atau dapat dengan pasang per kopling tipe racing (pakailah per kopling yang standar CBU).

14. selanjutnya untuk setting motor Suzuki Satria FU, dengan cara menggeser top fulser 1 sampai 2mm supaya tarikannya lebih melesat.

15. kemudian khusus yang sering kali terjebak macet, sangat disarankan untuk mengganti gigi gear depan yang jumlahnya 13 mata, karena untuk standarnya 14 dan bisa memakai milik yamaha crypton atau F1ZR supaya akselerasi atau tarikan motor lebih cepat.

16. bila budget masih ada, bisa dengan mengganti CDI (XP Andrion HP 7, BRT, Atau Rextor sesuai dengan selera), bila mengganti CDI maka usahakan untuk memakai koil racing serta camshaft racing dan tergantung dari budget anda.

Cara Tune Up Motor Satria Fu Ganti CDI

17. bila tidak ingin merubah pada mesin bisa hanya dengan mengganti velg dan ban yang lebih kecil, tetapi kurang stabil saat dipakai bermanufer.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan dalam dunia otomotif, terimakasih sudah mengunjungi artikel ini.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya: