12 Cara Membuat Motor Kencang Dan Irit Terbaru [WAJIB COBA]

Posted on

12 Cara Membuat Motor Kencang Dan Irit Terbaru [WAJIB COBA]

12 Cara Membuat Motor Kencang Dan Irit Terbaru – Untuk para pengendara yang sering berkendara memakai sepeda motor, pasti pernah merasakan adanya beberapa kekurangan pada sepeda motor, terutama masalah dari segi performa motor. Utuk para  riders yang sangat menyukai serta cinta akan kecepatan, pasti akan masih saja merasa kurang puas dengan kecepatan sepeda motor yang telah dimiliki.

Selain tentang kecepatan, masalah konsumsi bahan bakar motor juga turut menjadi perhatian para riders, serta meskipun untuk  motor yang saat ini yang mungkin tealah dirasa sudah irit, tetapi pengendara akan merasa jika motornya masih kurang irit.

Untuk hal di atas, memanglah menjadi salah satu perhatian yang utama dari para riders,  pada dasarnya, dari produsen motor sendiri sudah membatasi performa maksimal yang nantinya dibutuhkan oleh konsumen.

Tetapi untuk para penggila kecepatan, keiritan bahan bakar tidaklah menjadi masalah dikarenakan ada kepuasan tersendiri jika sepeda motornya lebih kencang dari pada motor standar bawaan dealaer.

Dan dibawah ini panduanmontir.com akan memberi referansi tentang cara membuat motor menjadi kencang, untuk lebih jelasnya maka simak ulasan berikut ini.

Cara Membuat Motor Menjadi Kencang


1. Porting Polish

Porting polish adalah merupakan cara pertama yang bisa dilakukan untuk membuat motor menjadi lebih kencang. Porting polish ini  dilakukan di bagian head kendaraan, berguna untuk memperlancar proses hisap serta buang pada saat melakukan pembakaran di dalam mesin.Cara Membuat Motor Kencang Porting

Karena untuk proses porting polish ini biasanya kurang diperhatikan oleh produsen motor, karena kebanyakan  produsen hanyalah mengejar produksi masal untuk dapat menekan penjualan. Porting polish ini bisa menambah ‘nafas’ serta  tenaga motor, sekaligus bisa membuat proses hisap dan proses buangnya akan menjadi lebih efisien.

2. Papas Head Motor

Selain cara porting polish, pengendara juga bisa melakukan proses pemapasan atau bubut pada head motor. Proses tersebut dilakukan agar memadatkan dan menaikkan rasio kompresi di motor yang bisa membuat motor menjadi lebih mempunyai tenaga.

Tetapi perlu diingat, jika proses pemapasan head tersebut cukup berisiko, terutama saat mekanik tidak faham dengan kondisi sepeda motor. Oleh sebab itu, membutuhkan ketelitian serta penghitungan yang matang dan tepat antara posisi head, boring, serta bagian lainnya seperti busi, klep dan juga seher agar tidak mengalami tabrakan atau bersenggolan.Cara Membuat Motor Kencang Kelep

3. Perbesar Ukuran Klep

Untuk sepeda  motor 4 tak, katup atau klep dipergunakan untuk mengatur proses pembuangan serta proses penghisapan ( in dan ex ). Dengan cara melakukan perbesaran pada klep in dan ex, sepeda  motor akan mempunyai nafas dan juga tenaga yang lebih panjang, serta lebih efisien dalam pembakaran,

4. Majukan Timing Pengapian

Untuk timing pengapian bisa dimajukan, berguna untuk mempercepat preses pembakaran, serta dapat menghasilkan efisiensi BBM yang lebih baik lagi. Karena biasanya dalam memajukan timing pengapian, anda bisa mengganti komponen berikut ini :

  • Penggunakanlah CDI dengan jenis kurva pengapian yang lebih maju, atau bisa menggunakan CDI yang mempunyai timing pengapiannya bisa diatur.
  • Koil bisa digunakan untuk memperbesar pengapian yang nantinya membakar AFR di ruang bakar.
  • Bahan Bakar yang digunakan harus lebih dari yang beroktan 88 atau premium, hal tersebut akan menyebabkan mesin motor menjadi ngelitik dan untuk proses pembakaran akan menjadi kurang sempurna.

5. Mengganti Piston

Untuk sparepart motor yang satu ini tentu untuk  kalangan bengkel sepeda motor atau orang yang paham tentang motor adalah hal yang paling utama supaya menjadikan motor mempunyai lari yang lebih cepat lagi.

supaya piston lebih ringan anda perlu potong piston dibagian bawah serta usahakan piston yang di oprek diameternya lebih besar dibandingkan piston standardnya.

Untuk pemilihan piston dalam mengoprek mesinnya supaya larinya lebih cepat maka diusahakan memilih piston motor yang lebih ringan dibandingkan standardnya atau dapat melakukan oprek sendir pistonnya.

Tujuan melakukan hal tersebut agar piston memiliki kekuatan ekstra untuk tendangan mesin dan mempercepat langkah putaran mesin dan sehingga lebih enteng karena piston lebih ringan serta membuat laju motor anda semakin lebih cepat.Cara Membuat Motor Kencang Piston

6. Merubah Ruang Pembakaran

Selanjutnya ialah melakukan oprek di bagian ruang pembakaran. Agar  mendapatkan kecepatan motor yang lebih cepat tentunya motor juga memerlukan asupan, supaya tenaga yang dihasilkan menjadi lebih ekstra.

Dan cara untuk melakukanya yaitu anda dapat mempersempit volume di ruang pembakaran dengan cara memotong kepala silinder , dan untuk pemotongan kepala silinder tersebut anda bisa memakai mesin gerinda dan sehingga nantinya kompresi motor bisa meningkat dan secara otomotis meningkat pula kecepatan motor anda.

7. Modifikasi Pengapian Motor

Untuk hal memodifikasi kecepatan , dan peran pada pengapian sepeda motor juga sangatlah penting , tujuannya ialah untuk meningkatkan voltase pada pengapiannya  caranya dengan menambah tenaga listrik .

Karena kebanyakan motor pada umumnya  dibekali dengan voltase 6 volt, maka anda harus mengubah voltasenya menjadi 12 colt . Dengan cara memperbesar voltase tersebut maka berdampak pada laju motor yang lebih kencang, selain itu juga lampu motor akan menjadi lebih terang , dan percikan bunga api pada busi menjadi lebih besar.

8. Mengganti Rocker Arm

Untuk bisa mempercepat laju motor pada tahap selanjutnya ialah melakukan perubahaan di rocker arm atau yang biasa disebut juga dengan nama lengan penumbuk katup atau piano kelep dimana komponen ini mempunyai fungsi untuk bisa meneruskan gerakan dari batang penekan (push rod), dengan cara kerja tersebut maka kelep atau katup bisa membuka dan juga menutup.

Untuk pemilihan dari rocker arm yang baik dan yang bagus yaitu cari yang lebih ringan serta kuat. Jika saat pemotongan pada rocker arm yang terlalu berlebihan maka bisa menyebabkan rocker arm menjadi lebih mudah patah dan bisa berdampak pada mesin motor menjadi cepat rusak.

9. Mengganti Roda Gigi

Untuk tahap yang selanjutnya dalam hal mempercepat sepeda motor yaitu dengan mengubah roda gigi pada motor. Untuk bisa mendapatkan kecepatan yang di inginkan anda dapat mengubah roda gigi bagian belakang diganti dengan diameter gigi yang lebih kecil, selanjutnya jika roda gigi diganti dengan yang lebih kecil maka tujuannya adalah untuk memperpendek rotasi putaran pada roda belakang dengan posisi rantai yang lebih pendek dari motor standarnya.

10. Jangan Gunakan Ban dengan Ukuran Lebih Besar

Ukuran ban standar motor yang telah di rancang dari produsen merupakan ukuran ban yang terbaik dipasang atau jika ingin memperbesar ataupun mengecilkan ban maksimal ganti ban motor dengan 2 ukuran di atas atau yang di bawahnya.

Karena memperbesarukutan ban tanpa mengganti velg serta peningkatan performa mesin, hanya akan menambah beban mesin menjadi berat dan bisa membuat sepeda motor akan semakin terasa berat.

11. Rajin Melakukan Service Motor

Service mesin dan rutin  service karburator menjadi hal yang sangat penting agar menjaga performa motor, dalam melakukan proses service. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan saat service kendaraan:

  • Service dan bersihkan karburator dengan tuntas.
  • Bersihkan busi, dan ganti ketika harus diganti.
  • Bersihkan kerak pada bagian head, klep, dan piston.

12. Mengganti Komponen ECU atau ECM

Untuk motor modern saat ini sudah memakai teknologi fuel injection, yang telah diatur oleh komputer. Itu artinya untuk setiap motor yang mempunyai sistem pembakaran dengan memakai fuel injection pasti memiliki ECM atau ECU untuk mengatur.Cara Membuat Motor Kencang ECU

Para pengendara bisa membeli produk ECM atau ECU aftermartket yang telah tersedia di pasaran, tetapi sayang, penggantian ECM dan ECU tersebut masih mahal komponennya, tetapi memiliki efek yang sangat signifikan untuk motor.

Demikian informasi yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan dalam dunia otomotif, terimakasih sudah mengunjungi artikel ini.

Baca Juga: