Letak No Mesin & No Rangka Motor Honda Lengkap [HARUS TAHU]

Posted on

Letak No Mesin & No Rangka Motor Honda Lengkap [HARUS TAHU]


Letak No Mesin & No Rangka Motor Honda Lengkap – Fungsi dari mengetahui letak nomor mesin dan juga nomor rangka pada kendaraan merupakan suatu hal yang diperlukan di saat kita hendak melakukan cek fisik pada kendaraan yang tentunya diperlukan untuk mengidentifikasi kendaraan guna untuk mengurus legalitas dari surat-surat kendaraan kita, misalnya seperti, pembayaran pajak atau perpanjangan STNK, balik nama kendaraan, pindah wilayah (mutasi), mengurus STNKyang hilang dan yang sebagainya.

Cara Melakukan Cek Fisik Kendaraan Ke SAMSAT

Jika  kita bisa membawa kendaraannya serta datang sendiri langsung ke kantor SAMSAT untuk melakukan cek fisik pada kendaraan di lokasi pemeriksaan cek fisik kendaraan pada SAMSAT, tentu saja kita tidak perlu untuk mengetahui letak dari nomor mesin dan nomor rangka pada kendaraan kita.

Karena  yang biasanya melakukan cek fisik pada kendaraan ialah petugasnya dan biasanya dilakukan para petugas tersebut sudah mengerti dan sudah menguasai betul di mana letak nomor mesin serta nomor rangka dari kendaraan anda.

Cara Melakukan Cek Fisik Kendaraan Sendiri

Tetapi bila kendaraan yang anda miliki tidak bisa dibawa langsung ke SAMSAT untuk melakukan cek fisik karena ada suatu hal, maka tentunya anda harus melakukan cek fisik sendiri di rumah atau ditempat kendaraan kita berada, dan selanjutnya hasilnya bisa dibawa ke SAMSAT untuk divalidasi.

Maka disinilah kita tentu perlu untuk mengetahui di manakah letak nomor mesin dan nomor rangka pada kendaraan kita, untuk lebih jelasnya simak uraian dibawah ini.

Cara Melakukan Cek Fisik Kendaraan Biro Jasa

Dengan mengetahui dan menguasai posisi atau letak nomor mesin dan posisi nomor rangka, penting juga untuk Biro Jasa STNK, terutama untuk Biro Jasa yang masih baru atau baru saja membuka usahanya sehingga mereka belum banyak pengalaman untuk melakukan cek fisik dan juga mengetahui letak nomor mesin dan nomor rangka dari berbagai jenis kendaraan.

Nomor Rangka Dan Mesin Motor Honda Beat

Mengingat dengan begitu banyaknya jenis serta merk kendaraan yang beredar di pasaran, khususnya kendaraan seperti  mobil yang memang mempunyai kontruksi bentuk mesin serta rangka yang jauh lebih rumit jika dibandingkan dengan kendaraan jenis sepeda motor.

Tentu saja akan tidak mudah untuk menemukan dimana letak nomor mesin dan letak nomor rangka untuk sebuah mobil terlebih untuk orang yang belum pernah memeriksa atau mengetahui sebelumnya.

Dikarenakan kebanyakan konsumen Biro Jasa ialah mereka yang memang tidak mempunyai cukup waktu untuk mengurus surat-surat pada kendaraannya sendiri, tentu saja akan lebih baik bila sebagai biro jasa di dalam melakukan cek fisik pada kendaraan konsumen telah mempunyai pengetahuan yang cukup mengenai letak nomor mesin dan nomor rangka pada kendaraannya.

Sehingga pada proses “gesek” nomor mesin dan nomor rangka kendaraan akan lebih cepat serta tidak menyita waktu sang konsumen.

Karena dengan mengetahui letak nomor mesin dan nomor rangka dari berbagai jenis kendaraan, juga akan memberikan biro jasa kesannya lebih profesional serta terlihat berpengalaman pada saat pertemuan pertama dengan para konsumen untuk melakukan cek fisik pada kendaraan yang dimilikinya.

Dan sebaliknya jika tanpa pengetahuan yang cukup maka otomatis akan diperlukan waktu yang cukup lama untuk bisa menemukan di manakah letak nomor mesin dan nomor rangka kendaraan.

Letak Nomor Rangka Dan Nomor Mesin Motor Honda


Nomor Rangka Dan Mesin Motor Honda

  •  Honda CS1

Nomer Rangka : Letaknya di sisi kiri dari kepala kemudi

Nomer Mesin : Letaknya di sisi bagian kiri bawah dari crankcase (bak mesin)

  •  Honda Mega Pro

Nomer Rangka : Letaknya di sisi kiri dari kepala kemudi

Nomor Mesin : Letaknya di sisi kiri bawah dari crankcase (bak mesin)

  • Honda Tiger

Nomor Rangka : Letaknya di bagian kiri kepala kemudi

Nomor Mesin : Letaknya di bagian kiri bawah dari crankcase (bak mesin)

  • Honda CBR250R

Nomor Rangka : Letaknya di sisi kanan dari kepala kemudi

Nomor Mesin : Letaknya di bagian kiri bawah crankcase (bak mesin)

  • Honda Revo

Nomor Rangka : Letaknya di sisi kiri dari kepala kemudi

Nomor Mesin : Letaknya di bagian sisi kiri bawah dari crankcase (bak mesin)

  • Honda Supra X 125

Nomor Rangka : Letaknya di seat stay

Nomor Mesin = : Letaknya di bagian kiri bawah crankcase (bak mesin)

  •  Honda Vario CW

Nomor Rangka : Letaknya di penahan tempat duduk (seat stay)

Nomor Mesin : Letaknya di sisi kiri bawah dari crankcase (bak mesin)

  • Honda Scoopy

Nomor Rangka : Letaknya di seat stay (penahan sadel)

Nomor Mesin : Letaknya di sisi kiri bawah dari crankcase (bak mesin)

  •  Vario Techno 125 PGM- FI

Nomor Rangka : Letaknya di dudukan jok

Nomor Mesin : Letaknya di sisi kiri bawah crankcase (bak mesin)

  •  Honda BeAT

Nomer Rangka : Letaknya di seat stay (penahan sadel)

Nomer Mesin : Letaknya di kiri bawah dari crankcase (bak mesin)


Demikianlah kurang lebih untuk gambaran dimana letak atau posisi nomor rangka dan nomor  mesin motor Honda Lengkap, demikian informasi tentang Letak dari Nomor Rangka dan nomor Mesin Motor Honda.

Semoga infrormasi yang disampaikan bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di blog panduanmontir.com .

Baca Juga: