[100% AMPUH] Cara Memperbaiki Aki Kering Dengan Mudah

Posted on

Cara Memperbaiki Aki Kering Dengan Mudah

Cara Memperbaiki Aki Kering Dengan Mudah РBagi pengguna sepeda motor ataupun mobil untuk saat ini mayoritas menggunakan akikering yang sering disebut dengan MF Battery (Maintenance Free) yang artinya bebas perawatan, tidak lagi memerlukan pengisian atau penambahan air aki secara berkala, selain itu jenis aki ini bebas  diposisikan ingin miring maupun tegak tidak menjadi masalah.

aki Kering New

Kelebihan aki MF mau bertahan dan memiliki performa yang sangat tinggi , karena memakai separator dan grid yang tahan korosi, dengan harga aki MF yang lebih mahal dari aki basah,supaya bisa  berhemat akan lebih baik jika kitra mempelajari cara memperbaiki aki yang sudah lemah atau soak. Bisa dibilang untuk saat ini seluruh peralatan elektronik, hingga sistem elektrikal sepeda motor maupun mobil menggunakan aki MF sebagai penyuplai dan penyimpan tegangan DC nya.

Sebelum anda memulai memperbaiki aki kering yang lemah satu tekor, persiapkan beberapa alat dan bahan untuk perlengkapannya.

  • Untuk berjaga-jaga siapkan kain lap jika ada cairan yang tumpah atau menetes
  • Siapkan jarum suntik atau suntikan tinta untuk memasukan air aki kedalam box aki
  • Siapkan Air Aki (zuur), pastikan anda membeli air aki untuk mengganti bukan menambah biasanya warna botol merah
  • Pengungkit atau obeng (-) digunakan untuk mencongkel atau membuka cover bagian atas aki kering

Tahap Memperbaiki Aki Kering

  • Siapkan aki kering yang ingin diperbaiki, usahakan sudah dibersihkan dari debu dan kotoran yang menempel pada aki, bisa menggunakan air hangat agar kotoran mudah terlepas
  • Buka tutup atau cover bagian atas dengan obeng (-) agak dipaksa, hati-hati jangan ada bagian yang patah atau pecah , biasanya tutup melekat kuat karena bawaan pabrik di lem untuk mencegah air keluar
  • Siapkan air aki kedalam suntikan yang sudah dipersiapkan, masukan air aki kesetiap lubang dan jangan terlalu penuh.
  • Seanjutnya tutup kembali lubang, pastikan tertutup rapat jangan sampai ada kebocoran atau air aki merembas
  • Jika ada rongga yang terbuka akibat pencongkelan saat membuka, bisa member lem plastic stil untuk membantu menutupi
  • Aki kering tinggal dilakukan pengecasan, dengan cara menghubungkan pada sepeda motor atau mobil yang menyala agar aki yang baru diperbaiki mendapat tegangan, pilihan yang lebih cepat bisa menggunakan Charger khusus aki.
  • Cara mengecek pakah aki sudah memiliki tegangan bisa langsung memasang pada sepeda motor atau mobil kemudian lakukan starter, jika menyala biarkan terlebih dahulu supaya aki menyesuaikan.

Aki Kering Baru

Penyebab Kerusakan Aki Kering

Baik aki basah maupun kering tetap melakukan perawatan, misalnya jika waktu yang lama mesin jarang dinyalakan ini menjadi penyebab aki cepat lemah, karena suplai saat pengisian kurang maksimal, agar aki lebih awet sebaiknya tetap diberikan pemanasan ,

Dengan menjaga kebersihan aki juga dapat memperpanjang usia pakai, dengan rajin bersihkan sel aki serta body, akan terhindar dari korosi dan kerak yang menempel pada kepala aki, yang akan menyebabkan arus pendek yang menyebabkan aku mudah soak dan mati.

Dan selalu perhatikan sekring sebagai pengaman kelistrikan, sekering sangat peting jika terjadi konsleting, demikian info yang dapat diberikan, terimakasih sudah mengunjungi artikel ini.

Baca juga artikel: