[MUDAH] Cara Memperbaiki Power Window Mobil Sendiri

Posted on

[MUDAH] Cara Memperbaiki Power Window Mobil Sendiri – Selamat datang untuk anda semua, pada kali ini saya akan memberikan informasi yang tentunya sangat berguna untuk shabat otomotif di nusantara, kembali lagi pada postingan artikel saya kali ini yang akan membahas tentang cara memperbaiki power window sendiri dengan mudah. Karena Power window dalam sebuah mobil memang bisa dibilang sangatlah penting untuk mobil pada zaman ini.

Bagaimana tidak pada waktu pengemudi atau penumpang ingin membuka kaca pada waktu yang diinginkan serta menutup kaca pada saat yang diinginkan, contohnya pada waktu hujan atau pada saat anda akan memarkirkan kendaraan.

Cara Memperbaiki Power Window Mobil

Tentu saja bagaimana jadinya bila power window pada mobil anda mengalami masalaah? Tentu saja membuat anda repot bukan? Diwaktu ingin membuka kaca mobil ternyata power windownya macet, ataupun diwaktu turun hujan serta buru buru ingin menutup kaca akan tetapi kondisinya tidak bisa naik, tentunya hal semacam itu bisa membuat jengkel dan repot sekali bukan.

Cara Memperbaiki Atau Servis Power Window mobil

Maka dari itu masalah power window atau jendela  mobil tidak mau naik turun, seret, serta bunyi, atau tidak bisa menutup secara sempurna ternyata bisa diperbaiki dengan sangat mudah bahkan tanpa harus pergi ke bengkel khusus power window.

Lagi pula untuk ongkos yang diperlukan untuk menservis  power window sendiri terbilang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan membawanya ke bengkel .

Maka langsung saja kita ke pokok pembahasan. Karena pada intinya kita perlu bersabar dan sangat telaten supaya hasil kerja anda nantinya bisa maksimal.

Untuk langkah pertama kali sangat penting siapkan peralatan serta bahan – bahannya terlebih dahulu. Peralatan yang perlu digunakan untuk membuka atau memperbaiki power window biasanya menggunakan :

Peralatan Dan Bahan Untuk Memperbaiki Power Window

  • Obeng plus minus +/-
  • Kunci shok 10
  • Bensin
  • Sikat gigi bekas
  • Sabun cuci piring / sabun colet
  • Semir ban
  • Vet baru (dapat diperoeh di bengkel- bengkel sparepart mobil disekitar tempat tinggal)
  • Dinamo power window (alangkah baiknya utuk dinamo ini dibeli pada jika dinamonya memang rusak)

Kemudian jika alat beserta bahan sudah anda siapkan, maka langsung saja ke langkah – cara memperbaiki power window

Cara Memperbaiki Atau Servis Power Window dirumah

Langkah – Langkah Memperbaiki Power Window

  • Buka Doortrim

Untuk pertama kali yang perlu  dilakukan adalah dengan membuka doortrimnya. Caranya bisa lepas terlebih dahulu tuas lock/unlock caranya dengan memutarnya ke arah mengendurkan. Kemudian lanjutkan dengan membuka doortrim, serta cara membukanya cukuplah  mudah hanya tinggal kendurkan sekrup penguncinya.

Untuk sekrupnya biasaanya letaknya disembunyikan di balik handle pintu bagian dalam atau di balik switch power window. Maka dari itu kita perlu melepas switch power window beserta socketnya caranya dengan membuka memakai obeng plus kemudian menariknya ke atas dengan pelan – pelan.

Bila telah terlihat sekrup pengunci doortrimnya maka selanjutnya bisa langsung membukanya memakai obeng plus tentunya dengan hati – hati. Jika sudah yakin untuk semua sekrup telah terlepas  maka lanjutkan dengan menarik dortrim, caranya  dengan sedikit hentakan maka doortrim akan terlepas. Kemudian simpan doortrim tersebut di tempat yang cukup aman.

  • Lepas Kaca Pada Pintu Mobil

Cara melepaskan kaca mobil langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah dengan menancapkan kembali switch power window dan jangan lupa  kunci kontak ON terlebih dahulu,  kemudian atur tinggi kaca supaya bau kacanya letaknya tepat berada di tengah tengah lubang yang telah disediakan biasanya letaknya di balik doortrim.

Jika posisinya sudah tepat maka kemudian kendurkan kedua baut kaca dengan  sangat hati hati, perlu diingat disaat mengendurkan baut kaca kita sangat perlu memegang kacanya supaya tidak terjatuh pada waktu bautnya sudah terlepas. Jika kedua baut tersebut terlepas maka angkatlah kaca dengan sangat hati hati.

  • Lepas Mekanik Power Window

Cara untuk melepasnya cukup mudah hanya tinggal mengendurkan baut yang biasanya ukuran 10 yang menempel pada pintu kemudian melepaskannya. Sekali lagi lupa untuk melepaskan socket motor power windownya dengan hati hati.

  • Lepas Run Kaca

Pada  langkah yang keempat ini tidaklah wajib dilakukan bila run kacanya masih baru dan masih bagus, atau kondisi run kacanya tidak terlihat gejala seret, kotor ataupun sobek. Tetapi jika kondisinya sudah sobek atau kotor maka kita perlu melepasnya untuk dikukan pembersihan caranya dengan mencucinya, jika kondisinya sudah tidak layak maka harus menggantinya.

Sedangakan  cara untuk mencucinya  sangatlah mudah, hanya dengan merendam di dalam air kemudian anda sikat memakai sikat gigi bekas serta tambahkan sabun cuci piring untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Jika sudah dicuci hingga bersih ataupun diganti dengan run kaca baru sebelum memasangnya sangat perlu untuk  melumasi sela selanya memakai cairan yang licin akan tetapi tidak akan merusak karetnya. Sebagai rekomendasi bisa menggunakan semir ban atau sejenisnya, jika sudah dilumasi maka tinggal pasang kembali run kaca dengan rapid an hati hati.

  • Periksa Mekanik Dan Motornya

Langkah ini sangat perlu memriksa kelengkapan komponen serta kondisinya apakah sudah lengkap atau ada  komponen yang memerlukan penggantian. bila sudah maka untuk langkah berikutnya yaitu membersihkan mekanik dari sisa vet yang lama atau kotoran yang lainnya memakai bensin. Dan peru diingat pada motornya jangan sampe terkena bensin.

Untuk memeriksa motornya caranya dilakukan dengan menjumper secara langsung socket motornya ke batrai atau aki (accu). selanjutnya balik polaritasnya serta bila motor masih normal maka putaran motor harus berbalik putaranya juga dengan halus. Apabila kondisi motor sudah melemah maka bisa langsung diganti.

  • Lumasi Mekanik Power Window

Selanjutnya setelah selesai dibersihkan maka siapkan vet baru untuk melumasi mekaniknya. Untuk bagian yang perlu dilumasi adalah bagian rail, per, roler roda serta engsel atau titik tumpunya.

  • Pasang Kaca Pada Pintu Mobil

Caranya pasang terlebih dahulu mekaniknya kemudian ncangkan bautnya. Lalu anda pasang kaca serta beri baut kemudian  kencangkan dan coba pasang switch power window kemudian coba dengan mainkan naik turunnya apakah sudah normal.

bila kaca tidak kuat naik atau turun setelah semua sudah terlumasi maka bisa jadi motor power windownya yang sudah lemah serta perlu untuk melakukan penggantian. Alangkah baiknya sebelum memvonis motornya sudah lemah terlebih dahulu pastikan pula jika socket motornya kencang dan juga bersih.

Karena  untuk soal putaran motor yang lemah dapat disebabkan karena arusnya yang kurang untuk mensuplay ke motor power window. Yang diakibatkan karena socket kotor atau kendur.

  • Memasang Doortrim

Jika semua di coba sudah normal maka langkah terakhir pasang kembali doortrim serta pasang sekrup dengan kencang semuanya.

Cukup sekian tentang bagaimana cara memperbaiki power window sendiri dengan sangat mudah. Terimakasih sudah menyempatkan membaca artikel otomotif ini, sekali lagi terimakasih teman teman semoga bermanfaat dan salam sukses.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya: