[100% AMPUH] Cara Memperbaiki Wiper Mobil Mati Atau Rusak

Posted on

[100% AMPUH] Cara Memperbaiki Wiper Mobil Mati Atau Rusak


Cara Memperbaiki Wiper Mobil Mati Atau Rusak – Mobil ialah salah satu kendaraan yang semua komponennya perlu dijaga supaya dapat berfungsi dengan baik. Dan sebagai salah satu contohnya adalah wiper. Wiper berperan sangat penting untuk mobil dan juga pengendaranya karena wiper tersebut berfungsi sebagai penyeka air hujan, embun dan juga sekaligus sebagai alat pembersih kaca mobil dari debu atau kotoran yang menempel pada kaca mobil pada saat dijalankan.Cara Memperbaiki Wiper Rusak

Maka dari itu, wiper pada mobil tidak boleh mengalami kerusakan dan pada saat terjadi kerusakan seperti wiper macet maka anda harus segera diperbaiki. Untuk memperbaiki wiper mobil yang macet dan rusak caranya tidaklah sulit dan tidak perlu mengeluarkan berbiaya mahal.

Wiper yang terpasang pada sebuah mobil terdiri dari oleh dua bagian utama yaitu lengan wiper dan juga karet wiper. Dan biasanya, untuk bagian wiper yang sering mengalami kerusakan ialah karet wiper karena komponen tersebut terbuat dari bahan karet yang tidak dapat menahan kerasnya sinar matahari yang dapat menusuknya terlalu sering.

Masalah wiper mobil yang macet atau rusak tentunya bisa membuat anda akan merasa kurang nyaman dikarenakan wiper mobil tidak dapat berfungsi dengan baik dan maksimal. Maka dengan demikian, diperlukan cara memperbaiki wiper mobil yang macet dan rusak pada mobil supaya anda dapat berkendara dengan rasa aman dan nyaman.

Cara Memperbaiki Wiper Mobil Yang Macet Dan Rusak

Untuk setiap pengemudi mobil memang harus mengetahui bagaimana ciri-ciri jika wiper mobil yang mengalami kerusakan supaya dapat diperbaiki atau diatasi sendiri. Kerusakan dan kemacetan pada sebuah  wiper mobil dapat terlihat jika pada saat wiper menyapu kaca depan mobil dan akibat siraman air hujan tersebut dengan menujukkan tanda sapuan wiper yang tidak merata.

Sapuan tersebut membentuk kabut dan wiper mengeluarkan suara pada saat sedang bekerja, wiper mobil tidak dapat berjalan atau macet dan lmasalah ain sebagainya.Cara Memperbaiki Wiper Mati

Maka bagi anda yang sudah memiliki pengalaman dibidang permasalahan otomotif, tentu disaat seperti ini anda bisa mengaplikasikan pengetahuan anda mengenai bagaimana cara memperbaiki wiper mobil yang macet atau rusak sehingga wiper mobil dapat kembali bisa bekerja dengan normal.

Cara untuk memperbaiki wiper pada mobil yang macet atau rusak ialah caranya dengan melihat langsung pada bagian yang mengalami kerusakan.

Kerusakan pada wiper mobil bisa disebabkan oleh adanya kerikil kecil yang terselip di karet wiper, wiper terlalu longgar, wiper pecah, dan wiper berkarat. Untuk wiper yang rusak ada yang bisa diperbaiki dan ada juga yang tidak bisa diperbaiki tergantung dari jenis kerusakan pada wiper tersebut.

Kerusakan pada wiper pastinya akan dialami oleh setiap mobil, sehingga untuk anda sebagai pemilik mobil wajib mengetahui bagaimana cara memperbaiki wiper mobil yang macet atau rusak jika anda tidak ingin mengeluarkan uang untuk membeli wiper mobil baru. tetapi jika wiper benar-benar tidak bisa diperbaiki maka jalan satu-satunya ialah dengan cara menggantinya demi keamanan dan kenyamanan saat berkendara.

Cara Mengatasi Wiper Tiba-tiba Mati Atau Rusak

Nah kali ini panduanmontir.com akan memberikan sedikit tips bagaimana cara mengatasi jika wiper yang tiba-tiba mati saat hujan deras, dan pada prinsipnya yang harus diupayakan ialah bagaimana caranya supayaair hujan cepat turun kebawah dan tidak mengganggu kenyamanan berkendara.Cara Memperbaiki Wiper Macet

Jika Wiper Mobil Mati


  1. Segeralah tepikan mobil anda dengan cara menyalakan lampu sein ke kiri, selanjutnya keluar dari mobil dan langsung turunkan wiper mobil (posisi paling bawah) supaya tidak mengganggu pandangan dan tidak menghalangi turunnya air
  2. Selanjutnya oleskan shampo pada permukaan kaca bagian luar sehingga air akan mudah turun ke bawah
  3. Tetapi jika tidak membawa shampo bisa menggunakan tembakau rokok (3-4 batang), caranya dengan hilangkan filter dan kertas rokok serta sisakan hanya tembakaunya, dan oleskan secara merata pada kaca mobil bagian luar.

Dengan pengolesan shampoo atau tembakau ini pada prinsipnya adalah mempermudah air turun, mengupayakan supaya air secepat mungkin turun. Dan pengemudi akan lebih jernih saat melihat jalan dibandingkan kaca mobil tidak diolesi shampoo.

Akan tetapi untuk penggunaan tips ini hanya efektif saat keadaan darurat saja, karena visibilitas (pandangan) pengemudi tidak akan sebaik bila menggunakan wipe, karena cara tersebut  sudah lumayan daripada tanpa menggunakan wiper atau tanpa olesan shampoo atau tembakau.

Demikian informasi yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih sudah mengunjungi artikel ini.

Baca Juga: