[100% AMPUH] Cara Mengatasi Karburator Banjir Dengan Mudah

Posted on

Cara Mengatasi Karburator Banjir Dengan Mudah РMeskipun saat ini hampir semua motor sudah menggunakan sistem injeksiCara mengatasi karburator Banjir ampuh, tetapi pengguna motor masi banyak juga yang menggunakan karburator, fungsui karburator pada  sepedaa motor adalah mengabutkan bahan bakar bensin ke dalam mesin, jika usia sepeda motor atau karbu sudah lama biasanya sering timbul masalah pada karburator,  masalah umum yang sering ditemui yaitu bensin yang ada didalamnya meluap keluar atau karburator banjir. Berikut adalah penyebab karburator banjir dan cara mengatasinya.

Penyebab Karburator Banjir

Penyebab karburator banjiradalah Needle Valve komponen karburator tidak menutup sempurna, dan dibawah pelampung karburator ada ruang yang digunakan menampung bahan bakar sementara, didalam penampungan terdapat pelampung yang didalamnya terhubung ke Needle Valve, needle valve sendiri berfungsi sebagai katup atau komponen untuk membuka dan menutup aliran bahan bakar dari tangki ke karburator. cara kerjanyanya adalah saat bahan bakar diruang penampungan berkurang needle valve secara otomatis akan membuka dan bahan bakar bisa mengalir. sedangakan saat ruang penampungan sudah terisi penuh bahan bakar maka needle valve otomatis akan menutup saluran bensin tersebut. Jadi pada saat ruang penampungan sudah terisi penuh tetapi needle valve tidak menutup sempurna maka bensin akan meluap keluar atau biasa dikenal karburator bensin.Cara mengatasi karburator Banjir Ampuh

Cara Mengatasi Karburator Banjir

Sebenarnya tidak terlalu sulit, pertama yang dilakukan lepas karburator dari head dengan cara melepas bautnya diikuti melepas kabel choke dan kabel gas, tetapi sebelum melepas karbu cek dulu masih menggunakan filter udara atau tidak jika ada lepas dahulu agar lebih mudah melepas karburator. Setelah karburator sudah terlepas dilanjutkan dengan cara melepas baut yang ada dibawah karburator biasanya ada 4, jika sudah terbuka maka akan terlihat pelampung terbuat dari plastik, kemudian pelampung dilepas dengan cara menarik keluar pin,maka pelampung terlepas berikut needle valve,kemudian setel dengan cara sedikit membengkokan keatas logam yang diguakan sebagai dudukan needle valve, jika sudah dibengkokan pasang kembali pelampung dan needle valve terus lakukan pengecekan caranya meniup lubang masuk yang terhubung dengan selang bahan bakar lalu gerakan pelampung keatas lalu kebawah, pastikan saat pelampung berada dibawah needle valve terbuka penuh dan saat pelampung sejajar maka needle valve menutup sempurna, jika masih belum sempurna silahkan lakukan ppenetelan ulang.

Tidak sulit kan, sebelum karburator dipasang kembali lakukan pembersiha semua komponen karburator, bisa dengan menggunakan kompresor atau karbu cleaner.