Fungsi Knalpot Dan Cara Mengatasi Knalpot Bocor [TERLENGKAP]

Posted on

Fungsi Knalpot Dan Cara Mengatasi Knalpot Bocor – Knalpot  merupakan salah satu bagian pada sepeda motor yang jarang sekali mengalami permasalahan. Tetapi demikian tentunya knalpot bisa saja mengalami masalah atau kerusakan, dan salah satunya ialah kebocoran.

Selain bisa mengurangi tenaga dari sepeda motor tersebut, untuk masalah kebocoran pada knalpot juga bisa membuat suara gas buang atau knalpot dari sepeda motor menjadi kurang nyaman saat didengar.

Persoalan pada knalpot motor yang bocor pada umumnya disebabkan oleh packing pada bagian lehernya yang kondisinya mulai mengecil, penyok, gepeng, bahkan sudah keropos,  untuk hal semacam ini akan menyebabkan munculnya celah pada klem yang berfungsi menjepit packing tersebut.

Sampai gas buang yang telah dihasilkan oleh mesin juga tidak bisa mengalir dengan lancar menuju ke bafel, defuser, serta filter itu disebabkan karena beberapa ada yang keluar dengan melewati celah celah tadi.

 Tips Merawat Knalpot Motor

Sayangnya cukup susah untuk bisa mendeteksi kebocoran pada knalpot motor ini, karena Keluarnya gas buang yang tidak tebal sampai sangat sulit untuk diliat dan juga dirasa, begitu pula dengan nada knalpot yang tidak berubah serta penurunan dari tenaga motor yang juga tidaklah sangat mencolok.

Kemudian bagaimanakah caranya untuk bisa mengetahui ada atau tidaknya kebocoran pada knalpot motor anda? Maka kita dapat merasakan power yang dibuat dari top speed motor menjadi kurang bertenaga karena dari turbulensinya yang kurang maksimal serta gas buangnya sangat los.

Maka hasilnya, pengendara motor harus meningkatkan bukan hand grip-nya sampai mengkonsumsi bahan bakar otomatis akan semakin bertambah,  untuk jalan keluar yang paling gampang jika ingin melakukan perbaikan pada permasalahan ini yaitu tinggal mengganti bagian packing leher knalpot stainless steel tersebut dengan yang baru.

Langkah baiknya tentukan packing leher atau perpak knalpot jenis ring yang memiliki bahan alumunium dan pada saat leher itu dipasang dan klem knalpot dikencangkan, pada bagian packing semakin bisa lebih mudah tersambung dengan sangat rapat. Karena sambungan knalpot motor bocor tenaga menjadi kurang.

Cara Mengatasi Knalpot Bocor Yang Benar

Manfaat Knalpot Motor

Pada jaman sekarang ini, knalpot mempunyai sangat banyak manfaat untuk kelangsungan hidup atau masa pakai dari kendaraan bermotor ini. Memang nampak kecil dan juga remeh, akan tetapi knalpot memiliki peran vital untuk kendaraan bermotor. Di bawah ini yaitu manfaat dari knalpot pada kendaraan bermotor :

Meredam Nada Ledakan Yang Dibuat Didalam Ruangan Bakar

Manfaat yang paling utama dari knalpot pada kendaraan bermotor adalah untuk bisa meredam nada ledakan pada ruangan bakar mesin motor, karena pada ruang bakar akan menyebabkan ledakan- ledakan yang besar pada saat berlangsungnya  sistem pembakaran.

Karena ledakan ledakan besar ini memiliki nada yang begitu memekakan telinga dan ditambah lagi pada kendaraan bermotor dengan kapasiatas silinder besar, oleh karenanya, knalpot motor begitu utama untuk bisa meredam nada ledakan tersebut sampai bisa menjadi lebih enak untuk didengarkan serta tidak akan menyebabkan polusi suara tentunya.

Manfaat Knalpot Untuk Meningkatkan Tenaga Pada Kendaraan Bermotor

Akan tetapi untuk hal semacam ini tidaklah berbentuk mutlak, yaitu artinya tidak semuanya pergantian knalpot dapat meningkatkan tenaga pada kendaraan bermotor tersebut. Karena semacam ini begitu tergantung pada design knalpot serta bahan-bahan yang digunakan dan juga perhitungan matang dari knalpot pada speseifikasi mesin kendaraan bermotor.

Sebagai Pemanis Dan Ornament Kendaraan

Untuk manfaat yang lain, fungsi darim knalpot ini juga sringkali digunakan sebagai pemanis kendaraan. Karena untuk sebagian knalpot memanglah memiliki bentuk serta design yang unik, untuk design dan bentuk dari knalpot yang unik tersebut sering dijadikan sebagai pemanis pada kendaraan bermotor, untuk maksud mempercantik tampilan. Pada umumnya hal semacam ini diaplikasikan atau diterapkan pada kendaraan bermotor yang akan mengikuti suatu kontes.

Selanjutnya TutorialOtomotif akan memaparkan cara mengatasi knalpot bocor, karena cara mengatasi knalpot bocor pada motor bukanlah suatu hal yang baru untuk sebagian orang, terlebih untuk mereka yang telah menggemari serta menekuni dunia otomotif sepeda motor.

Karena berbagai macam permasalahandi bagian knalpot tentu saja sering mereka temui dan tentu saja kerap mereka perbaiki. Dan dengan memiliki bekal pengetahuan serta keterampilan di bidang otomotif sepeda motor, tentu saja masalah kecil pada knalpot motor yang bocor bisa ditangani dengan mudah.

Karena jika sebuah knalpot pada  motor mengalami kebocoran, tentu saja bisa berpengaruh pada komponen-komponen sepeda motor yang lainnya. Sebagai contoh, pada saat terjadi kebocoran knalpot sepeda motor dan dibiarkan dalam jangka waktu yang cukup lama, maka otomatis kondisi mesin sepeda motor juga akan terpengaruh.

Dan salah satu contoh kecilnya ialah dengan semakin melemahnya tenaga yang dihasilkan mesin sepeda motor. Serta biasanya pada waktu dipakai untuk jalan menanjak motor akan terasa sangat berat seperti ada yang menahan.

Serta knalpot yang bocor pada sepeda motor juga bisa membuat konsumsi bahan bakar kan menjadi semakin boros. Maka dari itu alangkah baiknya dan secepatnya kita belajar bagaimana cara memperbaiki knalpot motor karena jika suatu saat nanti kita menjumpai permasalahan atau kondisi knalpot bocor pada sepeda motor yang milik anda, maka anda  dengan mudah dapat memperbaikinya.

Cara Untuk Memperbaiki Knalpot Yang Bocor

Pada knalpot bocor memang dapat dengan mudah diperbaiki caranya dengan mengganti dengan knalpot yang baru. Karena cara ini merupakan cara yang paling efektif serta paling mudah untuk dilakukan  mengatasi knalpot yang bocor.

Tetapi cara tersebut tentu saja tidak hemat karena harga dari knalpot standar sendiri memang cukup mahal. Dan jika ada alternatif lain, dan tentu saja lebih murah, maka kita bisa menerapkannya untuk menghemat biaya.

Tentu saja anda bisa memilih metode mana yang kira-kira dapat memperbaiki knalpot yang bocor, tetapi dengan biaya yang paling ringan. Itu karena untuk metode yang paling ringan dalam memperbaiki knalpot yang bocor ialah dengan menambalnya.

Untuk cara menambal knalpot bocor tentunya dapat dipelajari karena proses menambal knalpot yang bocor ini tidaklah serumit yang di bayangkan, maka dari itu untuk menyingkat waktu dibawah ini ialah beberapa cara memperbaiki knalpot motor bocor yang dapat anda coba atau mengaplikasikannya pada sepeda motor yang sedang mengalami masalah ini.

Cara Mengatasi Knalpot Bocor


1. Cara Mengatasi Knalpot Bocor Dengan Aluminium Foil

Cara Mengatasi Knalpot Bocor Dengan Cepat

Bagian dari knalpot sepeda motor yang paling sering mengalami kebocoran ialah pada bagian packing, jika memang begitu anda dapat memanfaatkan Aluminium Foil yang berfungsi untuk mengganjal pada bagian packing knalpot.

Alasan pemakaian Aluminium Foil untuk mengganjal pada bagian packing knalpot ialah karena Aluminium Foil adalah bahan yang bisa tahan panas sehingga tentu saja akan awet dipakai mengganjal packing knalpot tersebut.

Untuk cara yang digunakan mengganjal packing knalpot memakai Aluminium Foil ialah dengan cara melipat kertas Aluminium Foil tersebut  sampai dengan bentuknya seperti tali, kemudian anda tinggal lanjutkan dengan cara membulatkannya sampai membentuk lingkaran. Jika sudah maka silahkan anda memasang Aluminium Foil yang sudah dibentuk tadi pada bagian packing samapai bagian tersebut bisa rapat oleh gulungan Aluminium Foil tersebut.

2. Cara Mengatasi Knalpot Bocor Dengan Plastik Steel

Cara Mengatasi Knalpot Bocor Dengan Lem Stil

Untuk plastik Steel juga merupakan salah satu bahan yang dapat digunakan untuk menambal knalpot yang bocor. Dan cara memasang plastik Steel digunakan untuk menambal knalpot yang bocor caranya juga cukup mudah, caranya dengan meletakkan plastik Steel di bagian knalpot yang bocor atau berlubang.

Plastik Steeluntuk menambal knalpot yang bocor sifatnya hanyalah sementara. Itu artinya jika pada suatu saat nanti anda akan menambal knalpot ini dengan memakai bahan Aluminium, dan juga bagian plastik Steel yang dipakai untuk menambal sementara tersebut dapat dihilangkan juga dengan sangat mudah.

3. Cara Mengatasi Knalpot Bocor Dengan Lem Besi

Cara Mengatasi Knalpot Bocor Simpel

Selanjutnya cara mengatasi knalpot bocor adalah dengan memakai lem besi. Karena lem besi merupakan salah satu jenis lem yang bisa dengan mudah ditemukan di toko-toko bangunan. Dan jika kita akan melakukan pengeleman pada bagian knalpot yang bocor, maka pastikan juga pada bagian tersebut sudah bersih dan kering serta terhindar dari berbagai macam jenis kotoran yang menempel.

Tahapan yang dilakukan di dalam mengaplikasikan lem besi untuk knalpot atau menambal knalpot yang bocor adalah dengan cara mencampurkan lem putih dan lem hitam secara merata dan kemudian menempelkannya pada bagian knalpot yang bocor. Dan harga lem knalpot cukup bervariasi dipasaran, tergantung dari merknya.

4. Cara Mengatasi Knalpot Bocor Dengan Seal Tape Aluminium

Cara Mengatasi Knalpot Bocor Mudah

Selanjurtnya untuk cara menambal knalpot buat yang terakhir ialah dengan memakai Seal Tape Aluminium. Untuk Seal Tape Aluminium ini banyak dipakai untuk menambah berbagai macam peralatan peralatan dapur seperti panci, wajan dan juga dipakai untuk menambal kebocoran yang biasanya terjadi pada atap rumah.

Dabn ternyata, Seal Tape Aluminium juga dapat digunakan untuk menambal knalpot yang bocor.  Untuk cara menggunakannya pun cukup mudah, caranya yaitu anda hanya cukup melepas pada bagian perekat atau pelindung Seal Tape Aluminium yang beada di atas kemudian bisa menempelkannya pada knalpot yang berlubang atau yang bocor tersebut.

Kemudian jika sudah silahkan anda nyalakan motor tersebut  kira-kira sampai setengah jam dengan tujuan agar Seal Tape Aluminium tersebut dapat dengan kuat menempel pada bagian knalpot yang bocor tersebut.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai bagaimana cara mengatasi knalpot bocor yang telah kami pada kesempatan kali ini, dan dengan harapan jika anda menemukan masalah dengan knalpot sepeda motor anda maka anda sudah tidak perlu lagi untuk bingung-bingung dalam mengatasinya. Jika lebih rapat knalpot bocor di las, tetapi hasilnya pasti kurang rapi.

Dan di samping itu, anda juga dapat mencoba memperbaikinya terlebih dahulu supaya knalpot yang bocor tersebut dan tanpa harus membeli knalpot yang baru  dan harganya relatif cukup tinggi dipasaran. Dan semoga informasi yang telah kami sampaikan bisa bermanfaat dan menambah wawasandalam dunia otomotif, terimakasih sudah mengunjungi artikel ini.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya: