9 Langkah Jitu Cara Mengatasi Rantai Motor Yang Kaku

Posted on

Cara Mengatasi Rantai Motor Yang Kaku – Bagaimanakah cara mengatasi rantai motor yang kaku? Karena semua komponen sepeda motor wajib untuk mendapatkan perawatan secara rutin atau berkala. Dan tidak terkecuali dengan rantai yang terpasang di sepeda motor kesayangan Anda. Karena rantai yang dirawat dengan baik maka akan bergerak secara mulus serta tidak tersendat-sendat sehingga laju motor anda pasti terasa nyaman.

Begitu juga sebaliknya kondisi rantai yang jarang sekali mendapatkan perawatan maka lama-kelamaan pastinya akan bermasalah nantinya. Dan salah satunya ialah kondisi rantai tersebut akan menjadi kaku.

Untuk masalah kakunya rantai pada kendaraan tini idak hanya dapat terjadi pada sepeda motor sport saja, akan tetapi pada sepeda motor bebek atau matic juga dapat mengalaminya. Penyebab utamanya adalah adanya lumpur yang menempel di sela-sela rantai motor tersebut.

Cara Mengatasi Rantai Motor Yang Kaku dengan mudah

Maka lama-kelamaan lumpur tersebut akan mengering sehingga kondisinya pasti menjadi keras. Akibatnya adalah pergerakan rantainya pun terhambat karena tertahan oleh lumpur.

Dan banyaknya lumpur juga pastinya akan menimbulkan karat di rantai sepeda motor tersebut. Serta kondisi ini akan menjadi semakin parah jika pemilik sama sekali tidak begitu memperhatikan kebersihan rantai dan jarang sekali dan bahkan tidak melumasinya dengan oli atau pelumas khusus rantai.

Pada saat permukaan rantai tersebut sudah tidak terlindungi lagi, pada waktu itu juga karat atau korosi akan timbul sedikit demi sedikit kemudian ukurannya pun semakin luas. Untuk bahaya yang ditimbulkan oleh karat tersebut jauh lebih besar karena kondisi mata rantai yang saling menempel satu dengan yang lainnya.

Alat Dan Bahan Untuk Mengatasi Rantai Yang Kaku

Untuk mengatasi rantai motor yang kaku, silakan ikuti panduan lengkapnya di bawah ini!

Cara Mengatasi Rantai Motor Yang Kaku dengan cepat

Alat dan Bahan :

  • Oli rantai
  • Bensin
  • Sikat
  • Baskom
  • Kuas

Langkah-langkah Untuk Mengatasi Rantai Yang Kaku  :

  1. Langkah pertama lepaskan terlebih dahulu rantai dari tempat dudukannya. Caranya cukup mudah sekali karena yang anda perlukan hanya mencongkel o-ring atau klip sebagai pembukanya. Selanjutnya tinggal anda tarik rantainya sampai terlepas.
  2. Selanjutnya tuangkan bensin secukupnya ke dalam baskom. Lalu masukkan rantai ke dalam baskom.
  3. Kemudian rendamlah rantai tersebut kurang lebih selama 1-2 jam. Karena pada langkah ini bertujuan merontokkan seluruh kotoran dan kerak yang menempel pada permukaan rantai.
  4. Dan setiap 30 menit sekali angkatlah rantai yang telah direndam tersebut kemudian anda gosok seluruh permukaan rantai menggunakan sikat.
  5. Gosokkan sikat ini harus dengan tenaga yang cukup kuat agar bisa merontokkan kotoran-kotoran yang menempel pada rantai.
  6. Perlu untuk diperhatikan khusus pada rantai yang telah dilengkapi o-ring dari karet jangan sampai anda rendam pada bensin karena bisa menyebabkan ukuran o-ringnya bisa mengembang. Cara amannya anda hanya perlu untuk menyikatkan dengan bensin ke seluruh permukaan rantai, sekali lagi jangan sampai bensin mengenai bagian o-ringnya.
  7. Kemudian setelah kondisi rantainya sudah bersih, anda bisa mengangkat rantai dari rendaman untuk diangin-anginkan sebenar agar kering.
  8. Selanjutnya periksalah apakah kondisi rantai tersebut masih kaku ataupun tidak. Jika kondisinya sudah cukup fleksibel kembali, langkah selanjutnya tinggal anda pasang rantai ini pada sepeda motor anda.
  9. Langkah terakhir tinggal anda oleskan oli pada rantai motor secara merata ke permukaannya menggunakan kuas atau lebih baik menggunakan pelumas khusus rantai motor agar rantai lebih awet.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan, semoga bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan dalam dunia otomotif, terimakasih sudah mengunjungi artikel ini.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya: