[100% AMPUH] Cara Mengecat Mobil Dengan Hasil Sempurna

Posted on

Cara Mengecat Mobil Dengan Hasil Sempurna

Cara Mengecat Mobil Dengan Hasil Sempurna – Untuk mengecat mobil ada baiknya melibatkan orang yang sudah ahli dalam bidangnya, agar pengecatan lebih rapi dan bagus, untuk penecatan sendiri ada beberapa tahapan yang harus dilakukan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Mengecat Mobil1

Agar mendapat hasil yang memuaskan harus memperhatikan cara dalam pengecatan seperti kualitas cat yang  bagus, cat yang bagus tentunya mengasilkan tampilan menarik pada mobil anda. Berikut beberapa proses dan tahapan  untuk mendapatkan hasil maksimal.

Persiapan dan Proses Saat Pengecatan

  • Pendempulan Body Mobil

Kualitas pengecatan tergantung hasil dari pendempulan, peroses pendempuln yang bagus akan mendapatkan hasil yang rata pada body mobil, jika hasil pendempulan tidak rapi akan mengakibatkan permukaan cat tidak rata.

  • Bersihkan body mobil

Pada tahap ini dilakukan untuk menghilanhka debu dan kotoran pada mobil dari sisa2 pendempulan yang belum bersih

Mengecat Mobil Mudah

  • Oles Dempul

Mengoles dempul tipis dan harus merata, ketika mengoles dempul harus dilakukan secara perlahan dan tetap konstan, jangan terlalu pelan ataupun cepat, jika proses pendempulan kurang merata bisa dilakukan kembali sampai hasinya maksamimal serta ketebalan yang sesuai.

  • Amplas Bagian Yang Sudah Didempul

Sebelum mengamplas tunggu sampai dempul mongering, kemudian amplas dengan merata dan untuk mendapatkan hasil yang sempurna sebagian menggunakan media plat atau lempengan yang ditempelkan pada amplas, jika sudah merata lalu lanjutkan dengan amplas halus dengan menggunakan air.

Mengecat Mobil4

  • Pengecatan Mobil

Sebelum pengecatan tentu saja harus memilih warna cat yang diinginkan, memang sebagian warna cat mobol bukan warna dasar sehingga warna cat yang dihasilkan belum tentu akan sesuai dengan yang diinginkan, sebaiknya pilih cat yang memiiki kualitas yang bagus.

  • Mengecat Body Mobil

Saat melakukan pengecatan usahakan gerakan yang setabil dan harus merata, tidak telalu lambat atau terlalu cepat, jika terlalu lambat akan mengakibatkan cat terlalu tebal dan akan meleleh, sedangkan terlalu cepat mengakibatkan cat tidak merata. Saat melakukan pengecatan jarak penyemprotan kira-kira 30 cm dari body

  • Semprotkan Clear Serta Oles Compound

Pada tahap akhir semprotkan clear agar hasilnya mengkilap, biasanya setelah di cat dan semprot clear biasanya body masi kasar, untuk menghaluskannya memakai compound.

  • Alat Dan Bahan Yang Digunakan

Alat dan bahan yang digunakn untuk mengecat adalah sebagai berikut

  1. Amplas (kasar dan halus)
  2. Poxy
  3. Dempul
  4. Cat
  5. Clear atau pernis
  6. Kompresor
  7. Spray gun
  8. Scrap atau Kape untuk mengoles dempul

Jenis-jenis Cat Mobil

Cat yang digunakan untuk jenis kendaraan pasti berbeda dan jenis serta bahan cat bisa dibedakan menjadi 3 yaitu:

  • Nitro Cellulose untuk cat jenis ini biasanya digunakan truk dan kendaraaan niaga, kelebihan cat ini cepat kering, namun cepat pudar dan tidak terlalu kinclong
  • Poly Urethane untuk cat ini memiliki harga yang mahal dan biasanya disebut dengan cat oven, cat ini memang tidak cepat kering, untuk mempercepat pengeringan biasanya memakai oven, san hasilnya keras serta sangat kinclong, sehingga tahan dengan goresan serta kualitas yang sangat baik
  • Lacquer dibandingkan dengan jenis kedua cat diatas jenis cat ini paling murah, dann cat ini juga cepat pudar

Ketika akan membeli cat usahakan membawa bagian tutup mobil yang akan di cat untuk mencocokan warna yang pas, usahakan mengecat pada tempat yang teduh serta terhindar dari kotoran dan debu, jika ragu dengan kemampuann sendiri, bawa mobil anda ke bengkel yang mempunyai peralatan yang lengkap serta mekanik yang berpengalaman.

Demikian info yang telah diberikan, semoga bermanfaat bagi anda dan terimakasih sudah mengunjungi artikel ini.