[MUDAH] Cara Mengencangkan Rantai Motor Hanya 5 Menit

Posted on

[MUDAH] Cara Mengencangkan Rantai Motor Hanya 5 Menit

Cara Mengencangkan Rantai Motor Hanya 5 Menit – Akibat pemakaian sepeda motor yang dilakukan, terlebih jika sepeda motor sering digunakan untuk menarik beban berat atauuntuk berjualan, dan bisa juga karena perilaku pengendara motor yang kurang baik, saat melakukan akselerasi serta mengganti persleningnya secara kasar, maka hal ini dapat menyebabkan rantai sepeda motor menjadi cepat kendor.

Cara Mengencangkan Rantai Motor Kendor

Mungkin untuk anda yang terlalu sibuk dan tidak sempat untuk mengencangkan rantai, dan terlebih jika dibawa ke bengkel takut terlalu lama mengencangkan rantai, anda bisa mengencangkan rantai sendiri dengan waktu 5menit saja.

Untuk lebih jelasnya simak langkah-langkah dan penjelasan dibawah ini.

Jika rantai motor kendor, maka kenyamaman saat mengendarai motor juga akan makin berkurang. Selain rantai  terdengar berisik akibat gesekan rantai dengan arm atau lengan ayun bagian belakang motor.

Bisa juga tenaga motor akan berkurang dan untuk mengembalikan performa motor, maka tindakan yang perlu dilakukan adalah dengan cara mengencangkan rantai motor anda sesegera mungkin.

kemudian pertanyannya, bisakah kita melakukan cara untuk mengencangkan rantai motor sendiri tanpa harus dibawa ke bengkel? Sangatlah mungkin dan sangat bisa.

Yang terpenting anda mempunyai kunci pas yang sesuai dengan ukuran baut as roda serta mur pengencang rantai yang terdapat pada ujung lengan ayun.

Cara Mengencangkan Rantai Motor

Berikut ini adalah cara mudah dan praktis mengencangkan rantai motor yang dapat Anda lakukan sendiri:

Cara Mengencangkan Rantai Motor Habis

  1. Posisikan sepeda motor dengan standar ganda atau satandar tengah. Hal ini berguna mempermudah pergerakan roda saat penyetelan rantai motor nantinya.
  2. Pastikan terlebih dahulu posisi gear motor pada posisi (N) netral.
  3. lakukan pengecekan jarak main rantai motor. Caranya cukup menekan rantai, dan jika jarak main pada rantai sudah tidak standar lagi, biasanya berkisar antara angka 30 -50 mm, maka benar, jika rantai motor perlu dikencangkan.
  4. Langkah selanjutnya, kendurkan baut as roda memakai kunci pas yang sesuai. Cukup dengan mengendurkan dan jangan sampai bautnya terlepas dari as roda.
  5. Setelah dirasa cukup kendur, maka lanjutkan dengan mengencangkan baut yang terdapat di ujung lengan ayun.
  6. Kemudian setel sampai mendapatkan posisi jarak main rantai yang standar atau sesuai. Jangan lupa lakukan penyetelan baut di ujung lengan ayun dan harus dilakukan seimbang antara yang sebelah kiri dengan yang sebelah kanan. Hal ini supaya roda berada pada posisi yang seimbang serta tidak menceng.
  7. Sambil menyetel baut pada ujung lengan ayun, putar-putarlah roda untuk memastikan bahwa roda dapat berputar dengan baik. Karena jika baut terlalu kencang, justru akan berakibat kurang baik untuk sepeda motor.
  8. Setelah anda dapatkan posisi jarak main rantai yang pas serta roda motor bisa berputar secara normal, maka lanjutkan dengan mengencangkan baut as roda.
  9. setelah semuanya selelsai, maka dapat dipastikan anda bisa mengencangkan rantai motor sendiri.

Demikian informasi yang dapat disampaikan semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda, terimakasih sudah mengunjungi artikel ini.

Baca Juga Artikel: