[100% MUDAH] Cara Menyetel Rem Mobil Yang Benar Terlengkap

Posted on

Cara Menyetel Rem Mobil Yang Benar – Sedangkan untuk setiap kendaraan pasti-nya memiliki sistem pengeremannya masing-masing, entah itu pada mobil ataupun motor karena semua itu sama saja, pastinya dibuat dengan safety item yang telah di besut di dalamnya.

Tetapi meskipun begitu, ada juga penggunaan rem juga yang tidak bisa bekerja secara maksimal, oleh karenanya selalu ada saja permasalahan yang dapat terjadi seiring dengan lamanya usia rem kendaraan tersebut.

Cara Menyetel Rem Cakram Atau Tromol Pada Mobil

Oleh sebab itu, fungsi dari rem itu sendiri ialah untuk bisa menghentikan poros roda yang berjalan sehingga kita bisa mengatur kapan kendaraan tersebut akan berhenti atau berjalan. Dan berbicara tentang rem, oleh sebab itu pada kali kami ingin berbagi sedikit informasi tentang cara menyetel rem mobil yang benar dan baik, untuk lebih jelasnya berikut ini penjelasan lengkapnya.

Cara Menyetel Rem Mobil Tepat

Sebelum Anda melakukan cara menyetel rem cakram mobil, alangkah baiknya terlebih dahulu persiapkan alat-alatnya seperti dibawah ini:

  • Obeng Minus
  • Dongkrak
  • Anti karat untuk memudahkan pada saat melepas tromol
  • 2 buah baut 12 mm
  • Kunci 21 atau kunci roda
  • Kunci 12 shock atau kunci stang rachet

Keterangan diatas adalah alat atau komponen untuk menyetel rem mobil, dan untuk caranya TutorialOtomotif akan memaparkannya, untuk lebih jelasnya simak uraian berikut ini:

Cara Membuka Rem tromol Sebelum di Setel

Cara Menyetel Rem Mobil

  1. Pada langkah yang pertama didalam membuka rem tromol , anda dapat kendorkan terlebih dahulu mur roda yang bagian belakang sebelum anda mengangkat body mobil. Kemudian bisa anda pasang dongkrak di bagian bawahnya dan selanjutnya naikan mobil sampai tidak menyentuh ke tanah lagi.
  2. Berikutnya anda dapat membuka mur roda yang telah dikendorkan tadi, kemudian bukalah roda belakangnya.
  3. Jika roda sudah benar terbuka, maka dari itu Anda dapat masukan ke kabin untuk bisa membebaskan ataupun dapat menurunkan rem tangannya agar ban bisa berputar.
  4. Selanjutnya langkah yang berikutnya Anda dapat putar rem trmol, kemudian anda dapat menyemprotkan cairan anti karat dengan melewati celah-celah sedikit yang terdapat di bagian mur roda serta hub roda karena biasanya karat akan nampak diantara hub roda dengan drum brakenya.
  5. Kemudian tunggu hingga 2 atau 3 menit agar anti cairan karat supaya meresap antara celah hub roda bersama dengan tromol.
  6. Selanjutnya Anda dapat masukan baut 12 mm yang sudah disiapkan ke lubang yang berulir ukuran 12 mm kemudian putar baut 12 tersebut searah jarum jam dengan menggunakan kunci 12 hingga brake drum tersebut benar-benar bisa tertarik keluar.
  7. Kemudian untuk langkah yang terakhir anda dapat lepaskan tromol dan Anda dapat membuka lagi baut yang pakai untuk dapat mengeluarkan brake drum tersebut.
  8. Selesai

Cara Menyetel Rem Mobil Yang Baik dan Benar

Cara Menyetel Rem Mobil Yang Benar

  1. Untuk langkah yang pertama sebelum Anda melakukan penyetelan rem mobil, alangkah baiknya untuk mengecek terlebih dahalu ketebalan kampas rem-nya. Jika ketebalannya kurang dari 1 atau 2 mm, alangkah baiknya anda mengganti dengan yang baru.
  2. Langkah selanjutnya anda bisa mengambil obeng minus kemudian putarlah ke arah bagian atas gigi penyetel, oleh dari itu akan terdengar suara klik pada saat di putar, selanjutnya hitung dari 5 sampai 10 klik. Pada saat di putar penyetel brake shoe tersebut akan mengemban dan jangan sampai lebih.
  3. Setelah itu anda bisa masukan drum brake dan juga usahakan tromol dapat masuk dengan mudah, jika tromol tidak dapat masuk berarti stelan kampas rem tersebut terlalu keluar ataupun pada penyetelan putarannya yang terlalu banyak
  4. Selanjutnya anda bisa masukan lagi drum brake dan juga harus bisa berputar dengan gampang, karena jika tidak bisa berputar dengan gampang atau pada penyetelan kampas remnya terlalu keluar maka bisa menyebabkan drum brake tersebut tidak bisa bekerja dengan maksimal.
  5. Berikutnya anda bisa pasangkembali rodanya dengan benar kemudian anda kencangkan mur roda serta masukan kabin dan kemudian cek terdapat beberapa klik suara rem tangan pada saat hendak di tarik tuas rem tangan karena umumnya 6 sampai 7 klik setelah melakukan penyetelan belakang.

Catatan : kemudian ingat untuk membuka brake drum posisi rem tangannya haruslah di turunkan supaya plat di belakang brakeshoe tersebut tidak bengkok.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan dalam dunia otomotif dan tentunya bisa membantu anda ketika akan menyetel rem mobil. Terimakasih sudah mengunjungi artikel ini.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya: