8 Cara Merawat Ban Tubeless Agar Tetap Awet Terlengkap

Posted on

8 Cara Merawat Ban Tubeless Agar Tetap Awet – Bagaimanakah cara praktis merawat ban tubeless pada motor yang baik dan benar? Ban tubeless adalah sebuah ban yang desainya tanpa memakai karet bagian dalam. Maka ban ini hanya mempunyai susunan ban bagian luarnya saja.

Walau gimana pun ban tubeless populer dan mempunyai tingkat keawetan yang tinggi dan begitu praktis pada pemakaiannya karena jarang terjadi kebocoran.

Cara Merawat Ban Tubeless Supaya Awet

Cara Merawat Ban Tubeless Dengan Cairan

Kelebihan yang paling utama yang dimiliki oleh ban tubeless ialah keringanan dalam perbaikannya. Jika nantinya terjadi kebocoran ban, maka anda cukup untuk menambal bagian ban yang bocor tanpa anda harus mesti bersusah payah untuk membongkar rodanya yang pasti memakan waktu yang cukup lama.

Untuk lebih jelasnya maka alangkah baiknya mari kita simak 8 tips praktis cara merawat ban tubeless pada motor yang baik dan benar di bawah ini.

Pengertian Ban Tubeless

Dengan memakai ban tubeless pada sepeda motor merupakan salah satu kebanggaan tersendiri. Karena pada umumnya orang ban dengan tipe tubeles ialah ban anti bocor terutama para pemakai motor ataupun pada mobil.

Akan tetapi sebenarnya setiap jenis ban mempunyai keunggulan serta kekurangannya masing masing. Maka jika salah pengaplikasinya malah dapat merugikan dan pastinya tidak cocok seperti yang diharapkan.

Karena pada ban tubles pada sekarang ini sudah banyak dipakai pada mobil dan juga sepeda motor. Terutama pada jenis mobil pribadi dan telah hampir 90 persen telah memakai ban tipe tubeles tersebut.

Untuk dari segi harga ban tubeles juga tidak terpaut jauh jika di banding dengan ban konvensional atau bukan tubeles. Karebna pada intinya ban motor dapat memakai jenis tubles ataupun tipe ban umum.

Untuk harga ban tubeless motor cukup kompetitif dipasaran serta anda dapat menemukan dengan gampang karena penjual ban tubeles sudah cukup banyak karena di toko sparepart banyak yang menjualnya.

Mingkin hanya saja untuk sekarang ini para penjual atau agen ban tubeless hanya ada di pusat kota atau di kota kota besar seperti di Jakarta dan sekitarnya. Untuk di daerah-daerah terpencil peluang mendapatkan ban tubeless masih begitu jarang, karena kondisi jalan yang jelek kurang bagus jika memakai ban tubeles

Ban tubeless sendiri merupakan satu diantara jenis ban yang telah didesain tanpa ada atau tidak memakai ban dalam, Memanglah untuk ban tubeless tidak membutuhkan ban dalam akan tetapi pada keadaan spesifik pada ban jenis tubles ini juga bisa memakai ban dalam.

Bila dilihat dengan cara kasat mata pada ban tubeles lebih berat, selain itu pada ban tubles juga telah diperkuat oleh lingkaran kawat baja ataupun dengan benang nilon.

Alasan Dalam Memilih Ban Tubeless

Cara Merawat Ban Tubeless Terbagus

Pada  beberapa  orang yang mempunyai sepeda motor, cukup banyak beberapa ada yang memilih memodifikasi motornya dengan memakai ban tubeless serta dengan memperhitungkan sebagian jenis argumen.

Untuk itu berikut ini adalah alasan kenapa memilih ban motor tubeless untuk sepeda motor kesayangan mereka :

1. Ban Tubeles Cocok Dipakai Di Perkotaan

Pada keadaan aspal yang mulus, untuk ban jenis tubeless sangat pas di pakai karena susunan susunan karetnya lebih tidak tipis serta padat.

2. Ban Tubeles Cocok Dengan Velg Racing

Ban tubeless sendiri pas dipasangkan dengan velg racing sampai penampilan sepeda motor akan menjadi semakin terlihat cantik dan berisi.

3. Ban Tubeles Lebih Tahan Bocor

Ban tipe ini sudah bukan menjadi rahasia umum, jika ban tubeless bocor maka akan semakin lebih tahan menyimpan angin dan tidak seperti ban pada umumnya jika sobek angin langsung habis.

4. Ban Tubeles Stabil Pada Kecepatan Tinggi

Untuk para penggila kecepatan, ban jenis ini begitu stabil digunakan pada motor yang berkecepatan tinggi, karena tidak memakai ban dalam jadi otomatis lebih stabil.

Agar ban tubeless yang terpasang di sepeda motor kesayangan anda memiliki umur pakai yang awet, maka Anda musti merawatnya dengan cara yang teratur.

Lalu apa saja beberapa hal yang perlu anda kerjakan pada saat menjaga ban tubeless? Untuk lebih jelasnya simak poin-poin dari TutorialOtomotif berikut ini :

Tips Praktis Merawat Ban Tubeless Pada Motor Yang Baik Dan Benar

Berikut ini adalah tips praktis merawat ban tubeless pada motor yang baik dan benar sebagai panduan anda pada saat memilih ban tubeless, diantaranya adalah sebagai berikut :

Cara Merawat Ban Tubeless

1. Selalu Cek Keadaan Ban Dengan Secara Berkala

Pemeriksaan ini tentunya berguna untuk mengetahui kelayakan ban tubeless itu sendieri. Dengan mengecek apakah ban sudah cukup aus dengan cara memerhatikan batas keausan minimal yang biasanya diperlihatkan pada sinyal D yang terletak di bahu ban.

Lihatlah  juga keseluruhnya pada  bagian bahu serta telapak ban manfaat ini agar meyakinkan tidak ada kerusakan yang terjadi pada ban.

2. Pastikan tekanan Angin Ban Ideal

Karena idealnya, tekanan angin ban tubeless pada bagian depan yaitu 32 psi. Sedangkan untuk tekanan angin untuk ban pada bagian belakang sekitar pada 38 sampai 40 psi.

Maka silahkan melakukan pemeriksaan ban untuk mengetahui tekanan angin pada kedua ban motor kesayangan Anda sesuai dengan saran yang kami tadi, karena tekanan angin yang sangat rendah bisa menyebabkan ban akan terlepas dari velgnya.

3. Jangan Mengangkat Beban Yang Berat

Karena banyak beberapa yang mempuyai sepeda motor yang menjadikan kendaraannya untuk media mengangkut barang. Hal tersebut sebenarnya sah-sah saja jika rutinitas ini dikerjakan, atau dipakai untuk usaha.

Tetapi jangan sampai menempatkan muatan barang yang sangat berat diatas motor yang memakai ban tubeless. Karena jika Anda selalu memakasakan diri, maka tidak cuma ban itu yang akan cepat rusak, tetapi pada komponen kendaraan yang lain juga bisa terserang imbasnya.

4. Bersihkan Ban Sepeda Motor

Cara Merawat Ban Tubeless Awet

Pada saat Anda sedang membersihkan sepeda motor maka jangan ragu juga untuk membersihkan elemen ban tubeless motor anda.

Dengan cara buang semuanya debu dan kotoran yang melekat pada permukaan ban tersebut dengan membasuhnya dengan menggunakan air mengalir sembari anda menyikat permukaan luarnya.

Bila sangat mungkin anda bisa berikan juga cairan pelindung  serta penghitam ban agar kendaraan bermotor Anda selalu tampak bersih dan semakin menawan dipandang.

5. Jangan langsung Mencabut Paku Jika Tertancap

Cara Merawat Ban Tubeless Jika Terkena Paku

Pada suatu saat ban tubeles motor Anda tertancap oleh paku, maka anda jangan langsung mencabut paku tersebut, karena jika paku tadi segera dicabut, secara atomatis ban juga akan langsung kempes karena semua angin yang di dalamnya keluar.

Untuk hal semacam ini dapat menyebabkan ban mudah lepas dari cengkeraman velg motor tersebut. Maka usahakan pencabutan paku yang telah menancap ke ban bisa ditangani pada saat sepeda motor telah berada di bengkel.

6. Menambal Segera Gunakan Lem Cair?

Karena kebocoran yang tejadi pada ban tubeless memanglah bisa diperbaiki dengan cara menambalnya menggunakan lem cair special yang sudah banyak tersedia dipasaran.

Hanya saja jika pada sistem ini tidak dikerjakan dengan hati-hati malah bisa mengakibatkan lem cair menebar ke bagian-bagian ban yang bisa menyebabkan scrat korosi secara permanen.

Cara yang benar pada lubang pada ban tubeles musti ditutup terlebih dulu dengan menggunakan potongan ban, dan kemudian berikan lem cair secukupnya  pada ruang yang bocor tersebut.

7. Jauhi Jalan Yang Berlubang

Karena jalan yang berlubang-lubang dapat memperpendek umur pemakaian dari ban tubeless. Serta usahakan sepanjang berkendara, selalu jauhi lubang yang beada di depan jalur.

Jika memang sangat terpaksa  dan harus  melalui permukaan jalan yang tidak rata, maka pertahankan laju sepeda motor di kecepatan yang lambat kemudian mainkan rem depan serta rem belakang agar ban tetap bisa melewati lubang dengan cara yang cukup aman dan halus.

8. Usahakan Angin Atau Udara Ban Memakai Nitrogen

Cara Merawat Ban Tubeless Nitrogen

Karena kelebihan dari Nitrogen selain membuat kendaraan setabil juga bisa memperpanjang usia ban

Demikian informasi yang bisa kami samapaikan, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan dalam dunia otomotif, terimakasih sudah mengunjungi artikel ini.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya: