[Ini Loh!!] Cara Merawat Knalpot Agar Tidak Menguning Terlengkap

Posted on

Cara Merawat Knalpot Agar Tidak Menguning Terlengkap – Pada kali ini knalpot adalah salah satu komponen kendaraan yang sangat penting pada sebuah sepeda motor maupun mobil, jika tidak adanya komponen ini maka sepeda motor di dalam mengeluarkan pembakaran tidaklah akan menjadi maskimal proses pembakaran bahan bakarnya.

Karena sering kita temui pada bengkel-bengkel kondisi knalpot yang berkarat atau keropos atau korosi hal tersebut biasanya disebabkan terkena air hujan serta kotoran, sebenarnya tidaklah menjadi masalah pada  mesin akan tetapi tentu saja bisa merusak keindahan penampilan sepeda motor tersebut menjadi terlihat lebih kusam dan kotor.

Cara Merawat Knalpot Agar Tidak Menguning Terlengkap

Maka untuk itu bagaimana kah cara merawat knalpot agar tidak menguning? karena knalpot biasanya terbuat dari bahan logam, maka knalpot pun berisiko mengalami korosi atau karatan. Sedangkan tanda yang peling mencolok adalah perubahahan warna knalpot tersebut yang menjadi kekuning-kuningan bagian luarnya.

Cara Merawat Knalpot Supaya Tidak Menguning

Sebenarnya anda bisa saja mencegah knalpot sepeda motor kesayangan anda dari kejadian berkarat. Kuncinya adalah anda harus merawatnya sepenuh hati serta dengan kesungguhan. Untuk lebih jelasnya berikut ini PanduanMontir akan memaparkarkan selengkapnya.

Cara Merawat Knalpot Agar Tidak Menguning Terbaru

Bilas Motor Tersebut Setiap Kali Kehujanan

Untuk hal ini penyebab utama dari knalpot karatan adalah air hujan, karena kendaraan yang sering tersiram air hujan maka berpotensi besar akan mudah mengalami korosi atau berkarat. Maka dari itu setiap kali sepeda motor kehujanan, anda sangat wajib membilas dengan memakai air bersih serta mengelapnya sampai kering. Karena hal ini tersebut akan mencegah knalpot motor kalian dari resiko berkarat.

Dengan Mencuci Bersih Selepas Dari Pantai

Masalah lain selain air hujan adalah air laut karena air laut juga bisa menyebabkan beberapa bagian sepeda motor anda menguning. Solusinya tidak lain adalah dengan mencucinya hingga benar-benar tuntas. Serta pastikan komponen-komponen pada kendaraan terutama untuk yang terbuat dari besi sudah anda siram dengan memakai air bersih, serta jangan lupa untuk mengeringkannya memakai kanebo atau lap kering.

Olesi Knalpot Dengan Oli

Bila pada knalpot sudah terlanjur menguning, maka kalian bisa mengatasinya dengan cara mengoleskan oli secara berkala atau  teratur. Serta aplikasikan oli tersebut disepanjang bagian knalpot termasuk pada bagian lehernya. Kemudian tunggu selama 5 sampai 10 menit hingga oli menjadi tersebut meresap ke pori-pori knalpot. Jika sudah kemudian nyalakan mesin motor tersebut sampai olinya menguap.

Pastikan Juga Drainase Tidak Buntu

Karena sebuah knalpot pada umumnya mempunyai lubang yang disebut dengan nama drainase, apakah fungsi dari lubang drainasi itu? drainase ini memiliki fungsi yaitu untuk membuang air yang masuk ke dalam silenser supaya tidak tergenang. Karena pada umumnya letak lubang tersebut berada pada bagian bawah ujung silenser yang letaknya dekat dengan pipa leher knalpot.

Ada juga untuk cara melakukan pengecekanya juga terbilang cukup mudah, kalian bisa dengan memasukan lidi “yang bahannya berasal dari daun pohon kelapa yang dipakai untuk membuat sapu”, bila saat kalian memasukan lidi tersebut dan tidak ada yang menghalanginya itu berartu tidak ada kebuntuan.

Demikianlah pembahasan tentang bagaimana cara merawat kenalpon agar tidak menguning dan juga solusinya semoga saja dengan adanya ulasan berikut bisa berguna serta bermanfaat untuk kalian semua, terima kasih banyak sudah mengunjungi artikel ini.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya: