12 Dasar Cara Naik Motor Kopling Manual Bagi Pemula

Posted on

Dasar Cara Naik Motor Kopling Manual Bagi Pemula

Cara Naik Motor Kopling Manual Bagi Pemula Kebanyakan sepeda motor yang memiliki kopling manual yaitu motor moge atau motor sport, dan beberapa motor bebek juga ada yang berkopling manual. Bikers yang memakai motor kopling biasanya bikers yang menganggap hal itu sebagai tantangan, motor dengan tipe koling manual memiliki kekurangan yaitu jiga jalan dalam kondisi macet pengendara akan mudah capek karena harus sering menarik tuas kopling.

Jika pada sepeda motor bebek pengendara tincara naik Motor Kopling manual pemulaggal menginjak pedal tranmisi ketika akan berpindah gigi karena adanya sistem kopling otomatis pada motor, namun mempuyai kelemahan banyak tenaga yang hilang sewaktu perpindahan gigi saat motor berjalan. maka dari itu motor sport menggunakan sistem kopling manual sebagai pemindah gigi, jika bikers akan berpindah posisi gigi diharuskan memainkan handel kopling yag ada pada setang. selain itu ada pola perpindahan gigi. pada umumnya ada dua tipe perpindah gigi kopling manual, yaitu pola perpindahan gigi 1-N-2-3-4-5 utuk motor sport ada juga yang sampai gigi 6 dan untuk motor bebek ada yang memakai tranmisi gigi N-1-2-3-4, gerakan perpindahan dari netral ke gigi 1 injak pedal gigi untuk berpindah 1, sedangakan gigi 2 hingga ke 5 ungkit pedal gigi.

Cara Dasar Mengendarai Sepeda Motor Kopling Manual

  1. Demi keamanan pakai perlengkapan Saftety berkendara
  2. Tancapkan Kunci kontak lalu putar pada Posisi ON.
  3. Pastikan posisi Gigi Netral ditandai dengan lampu indikator pada spidometer biasaynya Huruf N dan berwarna Hijau dalam keadaan menyala.
  4. Kick starter atau nyalakan mesin
  5. Panaskan mesin kurang lebih 1 menit jika baru dinyalakan.
  6. Sebelum jalankan sepeda motor tarik tuas kopling dan tahan,kemudian injak pedal gigi ke posisi gigi 1.
  7. Lepas pelan-pelan tuas kopling bersamaan dengan memutar handel gas pelan-pelan untuk jakankan motor.
  8. Jika mau berhenti, tarik tuas kopling dan tahan
  9. Putar pelan-pelan handel gas ke bawah sambilmengerem pelan-pelan.
  10. Ssetelah motor berhenti ungkit pedal gigi untuk posisi gigi netral, jika motor sport usahakan unkit 1/2 jika penuh maka posisi gigi akan ke 2.
  11. Lepaskan tuas handel kopling.
  12. sebelum meninggalkan sepeda motor putar kontak atau kunci pada posisi OFF.

Demikianlah cara naik motor kopling, semoga dapa memberikan pengetahuan yang berguna bagi pengendara motor kopling, baik yang sudah mengerti mengendarai motor kopling maupun bagi yang baru belajar naik motor kopling.

Baca juga artikel: