[MUDAH] Cara Pasang Klakson Telolet Di Motor Dijamin Aman

Posted on

[MUDAH] Cara Pasang Klakson Telolet Di Motor Dijamin Aman

Cara Pasang Klakson Telolet Di Motor Dijamin Aman – Klakson telolet yang saati ini sedang heboh membuat banyak orang yang  tertarik untuk memasang klakson model satu ini di kendaraannya. Selama ini banyak klakson telolet dipasang pada bus atau mobil untuk menambah gaya kendaraan.

Terlebih ditunjang lagi dengan makin banyak yang request  “Om Telolet om” di jalan-jalan membuat orang putar otak untuk membikin klakson telolet makin ciamik. Bisakah Klakson Telolet diaplikasikan pada sepeda  motor.

Klakson Telolet Terbaru

Klakson telolet merupakan termasuk aksesoris tambahan pada kendaraan atau aksesoris pada motor. Dikarenakan  bawaan pabrikan klakson sepeda motor tidak berbunyi telolet, akan tetapi bunyi standard.

Jika ingin mengubah suara klakson motor, para biker diharuskan merogoh kocek untuk membeli klakson jenis telolet sebagai aksesoris sepeda motor tambahan.

Klakson telolet pada sepeda motor dibeli dengan harga mulai Rp 300 ribu sampai Rp 1 juta. Harga klakson telolet pada sepeda motor tersebut sudah dilengkapi dengan saklar jadi tinggal memasangnya. Terdapat banyak merek klakson telolet yang dapat dipilih serta disesuaikan dengan buged yang dimiliki.

Jika memasang klakson Telolet pada sepeda motor, tardapat beberapa yang mungkin harus dipertimbangkan oleh anda, agar motor dan  klakson telolet tidak cepat mengalami kerusakan.

Klakson telolet membutuhkan suply listrik  dari aki yang mempunyai voltase tegangan 12 Volt ke atas. Dan perlu juga diberi tambahan relay agar aki mampu mengangkat klakson telolet.

Selain dapat membeli klakson telolet yang sudah jadi, dapat juga kita membuat klakson telolet sendiri. Tetapi ini perlu sedikit pengetahuan serta kemampuan ngulik sendiri. Karena pada dasarnya bagian utama dari klakson telolet  ialah terompet dan kompresor serta tabung penyimpan udara.

Bagian lainnya ialah saklar klakson telolet. Perlu diingat dalam pemasangan klakson telolet harus benar serta  hati-hati agar tidak membuat aki cepat tekor.

Pemasangan Klakson Telolet Pada Motor

Untuk anda yang berminat memasang sendiri Klakson telolet pada sepeda motor, berikut ini akan diberikan cara memasang klakson telolet pada sepeda motor.

Bahan yang diperlukan untuk klakson Telolet

  1. Persiapkan terlebih dahulu Klakson Telolet
  2. Kabel Klakson kira-kira 1 meter, kabel yang direkomendasikan ialah kabel yang cukup tebal serta terbuat dari kuningan dengan serat 0.22 mm.
  3. Relay yang digunakan relay yang mereknya sudah terkenal dan memiliki reputasi yang baik. Cara gampangnya dengan mencari saja relay yang mahal.
  4. Sekring dipergunakan untuk memutus arus jika terjadi konsleting.
  5. Sekun kabel dan rumah kabel dan isolasi

Klakson Telolet Pemasangan

Langkah Pemasangan Klakson Telolet

  1. Pemasangannya pada daerah yang free, agar tidak menyentuh bagian motor yang lain, karena dapat mengganggu suara klakson.
  2. Sambungkan sekun pada aki sepeda motor
  3. Sambungkan kabel baru pada kabel sekring serta dudukan relay.
  4. Pasang sekun yang dari klakson pada kaki relay.
  5. Terakhir pasang sekring serta test suara klakson telolet.

Kelebihan Dan Kekurangan Klakson Telolet

Kelebihan Klakson Telolet

  • memiliki suara yang lebih keras karena untuk mengeluarkan suara mengunakan tekanan angin
  • suaranya yang bisa di ubah ubah karena mempunyai modul

Kekurangan Klakson Telolet

  • penempatan yang tergolong sulit jika di letakan pada sepeda motor karena membutuhkan tempat yang luas
  • memerlukan tabung angin jika habis haruslah segera di isi kembali agar dapat di gunakan kembali
  • harga klakson yang cukup mahal

Catatan: Klakson telolet pada sepeda motor ini sebaik nya jangan digunakan pada sepeda motor harian karena sangat membahayakan untuk pengendara maupun pengguna kendaraan lain, klakson ini hanya digunakan untuk acara tertentu  seperti lomba modifikasi dll

Demikian informasi yang dapat disampaikan semoga bermanfaat dan menambah wawasan dalam dunia otomotif, terimakasih sudah mengunjungi artikel ini.

Baca Juga Artikel: