[100% MUDAH] Cara Setting Karburator Mobil Agar Irit

Posted on

Cara Setting Karburator Mobil Agar Irit – Karburator ialah salah satu komponen kendaraan bermotor yang mempunyai fungsi yang cukup penting pada sebuah mesin mobil. Dan juga fungsi dari karburator mobil tersebut adalah berfungsi untuk mengkabutkan bahan bakar sehingga dapat melakukan pembakaran yang mana dapat mengeluarkan tenaga yang digunakan untuk menjalankan mesin kendaraan bermotor tersebut.

Cara Setting Karburator Mobil Atau Membersihkan

Dan karena fungsinya yang sangat penting tersebut, oleh sebab itu sangatlah perlu melakukan perawatan secara rutin terhadap komponen karburator tersebut agar tetap dapat bekerja dengan baik dan tidak mengalami masalah saat sedang dipergunakan.

Cara Setting Karburator Mobil Agar Irit Paling Benar

Salah satu hal yang dapat mendukung kinerja karburator supaya kondisinya tetap maksimal adalah pada setelan pada karburator mobil yang harus tepat dan pas. Serta untuk setelan karburator ini pun akan sangat berpengaruh pada kinerja mesin mobil yang tentu saja akan berpengaruh pada kenyamanan pengemudi mobil itu sendiri.

Oleh sebab itu secara otomatis sangatlah penting untuk melakukan penyetelan rutin pada karburator mobil kesayangan anda, dan jika tidak tentu saja hal tersebut  akan menjadi masalah yang dapat mengganggu kinerja dari karburator mobil itu sendiri.

Yaitu jika karburator terdapat masalah seperti mulai dari konsumsi bahan bakarnya  yang agak boros, selanjutnya masalah stasioner mesin, dan juga yang lainnya bisa terjadi jika karburator mobil anda tidak lagi bisa disetel dengan benar. Maka kali ini panduanmontir akan membahas lebih lanjut bagaimana cara untuk menyetel karburator mobil yang dapat anda lakukan sendiri di rumah dan tanpa harus membawanya ke bengkel khusus mobil.

1. Menyiapkan Peralatan Yang Diperlukan

Oleh sebab itu sebelum anda melakukan penyetelan karburator pada mobil, untuk hal pertama yang perlu untuk anda lakukan ialah dengan menyiapkan peralatan yang diperlukan. Untuk alat alat yang dipakai sebenarnya cukup sederhana dan juga tentu saja anda miliki, antara lain ialah:

  • Obeng pipih
  • Tissu kertas
  • Tang

2. Mengatur Campuran Bensin Dan Udara

Kemudian untuk langkah penyetelan yang pertama, anda bisa mulai dengan mengatur antara campuran bensin dan juga udara yang ada di dalamnya. Berikut ini adalah langkah – langkah pengerjaannya:

  • Pertama pastikan kondisi mesin mobil sudah mati dan selanjutnya buka kap mesin tersebut.
  • Kemudian carilah letak filter udara, anda dapat membuka semua sekrup yang ada kemudian lepaskan filter udara tersebut secara keseluruhan.
  • Karena filter udara setiap mobil kadang – kadang berbeda sehingga akan lebih baik bila anda mengecek terlebih dahulu buku manual mobil yang anda miliki.
  • Kemudian filter udara pada kondisi terbuka, selanjutnya cari posisi baut setelan yang biasanya ada di depan karburator mobil. Karena biasanya terdapat dua baut yang mempunyai fungsi berbeda, baut yang satu untuk mengatur udara sedangkan yang lainnya untuk mengatur bahan bakar.
  • Selanjutya putar baut tersebut dengan memakai obeng pipih untuk mengatur campuran dari bahan bakar dan udara yang berada di dalam karburator terssebut.
  • Kemudian nyalakan mesin sampai mencapai suhu normal. Anda dapat mengecek suhu pada jarum temperaturnya.
  • Langkah berikutnya coba untuk menekan gas, dan juga perhatikan pula suara yang keluar dari mesin kendaraan tersebut. Di waktu kondisi rpm tinggi dan juga mesin mengeluarkan bunyi denting, hal ini menandakan bila campuran bahan bakar dan juga udara dalam jumlah yang sedikit.
  • Maka dari itu tambahkan jumlah bahan bakar yang lebih banyak. Akan tetapi hentikan penambahan jika anda sudah mencium bau dari bensin tersebut.
  • Langkah yang berikutnya lakukan penyetelan terhadap kedua sekrup supaya bisa menemukan campuran yang pas dari bahan bakar serta udara. Sedangkan ntuk penyetelan ini bisa anda lakukan caranya dengan memutar sekrup caranya dengan perlahan dan juga seimbang sampai mendapatkan posisi yang pas pada setelannya.
  • Kemudian putar pada kedua sekrup sampai 1/4 putaran dan jagan lupa arahnya yang berlawanan dengan arah jarum jam. Kemudian langkah yang selanjutnya  balas putarannya dengan bertahap dan juga perlahan.
  • Selanjutnya kencangkan lah kembali sekrup dengan perlahan hingga nantinya anda mendengarkan suara yang dihasilkan oleh mesin mobil tersebut sudah lembut.
  • Kemudian lankah selanjutnya adalah pasanglah kembali filter udara pada posisi semula dengan baik dan benar.

Cara Setting Karburator Mobil Agar Irit Dan Responsif

3. Mengatur Putaran Stasioner

  • Pada hal pertama yang perlu untuk anda lakukan adalah menemukan kabel gasnya dan juga sekrup pengaturnya.
  • Selanjutnya anda bisa menemukan kabel tersebut dengan cara mengurutkannya dari pedal gas hingga ke karburatornya.
  • Langkah selanjutnya dengan starter mobil anda dan biarkan hingga mencapai suhu normal. Karena panas dari mesin mobil tersebut bisa menyetel pada kondisi actual atau pas karena mobill langsam.
  • Selanjutnya kencangkan sekrup yang mengatur gas tersebut, dan putar caranya dengan berlawan dari arah jarum jam akan tetapi putarannya tidak boleh melebihi dari setengah putaran dan hati – hati.
  • Untuk langkah berikutnya anda dapat mendengarkan bunyinya dari mesin. Karena putaran mesin bisa optimal bila dalam keadaan stationer atau langsam. Anda pun dapat mengecek kembali buku manual kendaraan milik kendaraan. Selain itu juga anda dapat melihat tachometer untuk bisa menyetelnya.
  • Alangkah baiknya lakukan penyetelan ulang pada suara yang dihasilkan terdengar masih agak kasar. Tetapi sebelumnya tunggu dulu kurang lebih 30 detik, karena mesin masih beradaptasi dengan kondisi penyetelan yang sebelumnnya.
  • Tetapi jika tetap sama, maka anda perlu melakukan penyetelan ulang dengan cara yang lebih teliti.
  • Kemudian setelah setelan rpm stationer sudah sesuai dengan spesifikasi dan yang anda inginkan, maka matikan mesin kendaraan tersebut.
  • Kemudian jika sudah pasang kembali filter udara pada posisi semula dengan baik dan benar.

Demikian adalah menyetel karburator mobil sendiri dengan mudah dan dapat anda lakukan sendiri di rumah.  Untuk enyetelan karburator ini perlu dilakukan dengan rutin supaya menghindari resiko akan terjadinya masalah pada mesin kendaraan anda. Semoga informasi yang kami sampaikan bisa bermanfaat untuk anda dan terimakasih sudah mengunjungi artikel ini.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya: