[Ini Loh!!] Fungsi Aki Secara Umum Yang Wajib Untuk Diketahui

Posted on

Fungsi Aki Secara Umum Yang Wajib Untuk Diketahui – Untuk anda semua pecinta otomotif khususnya mobil pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan komponen mobil yang satu ini. tetapi pada umumnya, tidaklah semua pengguna atau pengendara mobil mengerti dan mengetahui dari fungsi setiap yang berada di dalam kendaraan ataupun mobilnya.

Terlebih untuk mereka yang baru memulai dan baru belajar mengendarai mobil sendiri. maka untuk itualangkah baiknya anda perlu mengetahui semua dari fungsi komponen di dalam mobil kesayangan anda tentunya, supaya jika nantinya terjadi masalah di tengah jalan pada saat anda sedang mengendarai mobil kesayangan anda, anda pun bisa mengetahui apakah penyebabnya.

Karena salah satu komponen yang berperan penting pada mobil anda yang perlu anda ketahui ialah pada komponen aki mobil anda. Maka pada artikel kali ini kami akan mengulas tentang fungsi aki mobil secara umum. Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah ulasaan lengkapnya untuk anda.

Fungsi Aki Secara Umum

Untuk komponen aki atau yang sering disebut dengan accu ialah sebuah sel listrik yang mana di dalamnya berlangsung proses elektrokimia yang reversibel atau dapat berbalikan , serta mempunyai efisiensi yang sangatlah tinggi.

Ada juga proses elektokimia yang reversibel ialah bahwasanya di dalam sebuah baterai tersebut terdapat berlangsungnya dari proses pengubahan kimia menjadi tenaga listrik atau disebut proses pengosongan.

Maka dari itu bila anda menginginkan aki kendaraan anda berkualitas dengan baik, maka kami sarankan pada waktu anda membeli aki, lebih baiknya pelajari terlebih dahulu bagaimana cara memilih aki mobil yang baik itu seperti apa agar nantinya tidak salah memilih atau membelinya.

Serta sebaliknya perubahan dari tenaga listrik berubah menjadi tenaga kimia, untuk pengisian kembali dilakukan dengan cara regenerasi dari elektroda – elektroda yang dipergunakan, caranya dengan melewatkan arus listrik ke dalam arah atau polaritas yang berlawanan di dalam sel aki tersebut.

Cara Kerja Aki Pada Kendaraan Bermotor

Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah fungsi aki mobil secara umum, antara lain ialah:

Fungsi Aki Secara Umum Yang Perlu Diketahui

1. Penyimpanan Energi

untuk salah satu fungsi aki secara umum pada mobil ini ialah sebagai tempat untuk penyimpanan energi listrik. Baterai atau accu pada sebuah mobil ini memiliki fungsi untuk menyimpan energi listrik yang berbentuk energi kimia di dalam sebuah kendaraan anda. Dan tanda jika aki kering mobil soak wajib untuk anda waspadai karean mengingat energi yang diperlukan untuk menjalankan fungsi kelistrikan mobil secara keseluruhan sebagian besar sangat bergantung pada komponen yang satu ini, maka selalu mengecek kondisinya.

2. Komponen Penyuplai Energi Ke Starter

sedangkan fungsi aki secara umum yang selanjutnya ialah digunakan sebagai penyuplai energi listrik ke starter. Karena energi yang disimpan dalam baterai atau aki tersebut akan di suplai yang digunakan untuk menyediakan aliran listrik ke dalam starter pada kendaraan. Maka dari itu pada saat anda akan menstarter kendaraan, untuk itu komponen yang mempunyai peran utama ialah pada komponen aki atau accu ini.

Maka bila pada waktu anda menstarter kendaraan anda tetapi terdapat masalah atau tidak mau menyala, maka alangkahb\ baiknya anda memeriksa terlebih dahulu kondisi aki mobil kendaraan andat. Karena mengingat penyebab mobil bermasalah pada waktu distarter yang seringkali ditemukan adalah karena terjadi masalah pada komponen aki ini, mungkin saja ada kabel yamh putus atau aki soak bahkan sudah mati.

3. Komponen Penyuplai Energi Ke Sistem Pengapian

berikutnya adalah fungsi aki yang ketiga yaitu sebagai komponen penyuplai energi listrik ke sistem pengapian pada sebuah kendaraan. Padsa sistem pengapian juga adalah salah satu sistem yang fungsinya sangatlah penting pada kendaraan kesayangan anda. Hal tersebut karena sistem pengapian ini merupakan sistem yang berperan untuk dapat menjalankan mesin pada kendaraan anda.

Maka bila padaa sistem pengapian ini mengalami masalah sudah bisa dipastikan mesin mobil anda tidak akan bisa berjalan normal sesuai dengan yang seharusnya. Maka untuk itu tetaplah jaga serta selalu lakukan perawatan pada aki mobil kesayangan anda supaya sistem pengapiannya tidak terjadi masalah nantinya.

Karena sangat sering sekali menemukan aki kendaraan anda dalam kondisi sudah kering, tetapi tidak dihiraukan atau tidak mengetahuinya. Dan cara merawat aki kering yang sangat tepat ialah dengan memberikan perhatian serta melakukan perawatan secara rutin supaya aki selalu dalam keadaan yang optimal.

4. Komponen Penyuplai Energi Ke Bagian Lampu

Lampu adalah salah satu aksesoris yang sangat penting pada sebuah kendaraan, karena bila tidak adanya lampu pada mobil maka bisa dibayangkan bagaimana kondisi atau keadaan mobil anda jika terjadi masalah tersebut, terutama pada waktu malam hari dan tidak ada lampu penerangan. Maka dari itu aki ini juga tentu saja berfungsi untuk memberikan atau dapat menyuplai energi ke lampu atau kelistrikan kendaraan tersebut supaya dapat digunakan bagaimana mestinya.

Selain untuk menyalakan lampu juga sangatlah memberikan manfaat yang penting pada keselamatan anda khususnya di waktu malam hari. Selain pada siang hari lampu pada mobil anda tentunya akan sangatlah berpengaruh untuk keselamatan anda semua sebagai tanda atau isyarat bila anda akan menggunakan atau menyalakan lampu sein atau lampu pada kendaraan yang lainnya.

Kadang kala anda pasti pernah mengalami lampu mobil tiba tiba mati. Mungkin alasan lampu interior mobil mati pada saat berkendara seperti ini di sebabkan oleh komponen aki yang bermasalah atau ngedrop. Karena pada dasarnya energi yang dipakai untuk menyalakan lampu ini berasal dari komponen aki atau accu tersebut.

5. Komponen Penyuplai Energi Ke AC

Seperti yang telah kita kethui bersama, bahwa komponen pendingin yang satu ini ialah AC memanglah sangatlah dibutuhkan keberadaanya di dalam mobil saat ini. Itu karena jika kondisi cuaca sedang panas dan bersuhu tinggi, maka pada saat seperti itulah kita tentu saja akan sangat membuthkan AC ini. Dan komponen yang menyuplai energi pada AC tersebut ialah aki. Maka untuk itu tetaplah selalu merawat secara berkala aki mobil anda supaya tidak terjadi masalah nantinya pada AC mobil anda tersebut.

6. Komponen Penyuplai Energi Ke Komponen Yang Lainnya

Selain pada kelima point diatas, aki juga sangatlah berperan penting untuk bisa menyuplai energi listrik ke komponen kelistrikan yang lainnya di dalam sebuah mobil. Dan salah satunya ialah ke bagian audio atau video yang berada di dalam kendaraan anda.

Karena bila aki tidak menyuplai energinya ke komponen tersebut, maka dapat dipastikan komponen audio atau video pada mobil anda tidak akan bisa anda pergunakan. Selain itu, jika anda sedang “ charge “ HP di mobil anda, ini juga adalah salah satu peran dari aki atau accu tersebut.

Demikianlah informasi yang bisa kami share pada kesempatan kali ini tentang fungsi aki mobil secara umum. Semoga informasi yang kami sampaikan kali ini bisa bermanfaat buat anda tentunya para penggemar dunia otomotif, Terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Salam otomotif

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya: