[Ternyata Ini!!] Penyebab Knalpot Motor Bau Bensin Dan Boros

Posted on

Penyebab Knalpot Motor Bau Bensin Dan Boros – Apakah penyebab dari knalpot motor yang bau bensin? Mungkin para pengguna awam pada umumnya tidak mengerti dan paham pada kondisi sepeda motor seperti itu. Begitu juga pada saat adanya kerusakan yang terjadi terhadap sepeda motor tersebut, para pengendara tidak langsung mengetahui masalahnya.

Hal tersebut disebabkan gejala awal kerusakan terhadap motor biasanya tidaklah terlalu kelihatan dan tidak serta merta membuat bagian mesinnya akan langsung mengalami kerusakan cukup fatal. Maka anda perlu untuk melakukan pengamatan secara seksama terlebih dahulu mesinnya.

Knalpot Motor Bau Bensin Dan Boros

Cara Mendeteksi Kerusakan Motor Melalui Knalpot

Cara untuk mendeteksi kerusakan yang terjadi pada mesin motor adalah, Anda dapat memperhatikan pada kondisi gas buang yang dikeluarkan oleh knalpot motor anda.

Caranya anda hanya cukup mengamati dan juga mengenali warna gas buang atau asap hasil pembakaran yang di keluarkan oleh knalpot sepeda motor.

Caranya yaitu dengan menyalakan mesin motor anda terlebih dahulu. selanjutnya putar tuas gas motor kemudian tahan selama 2 sampai 5 detik.

Kemudian perhatikanlah warna asap dari hasil pembakaran. Terlihat dari warna serta bau gas tersebut, Anda pun dapat mengetahui apakah terdapat kerusakan pada motor ini ataupun tidak.

Contohnya ialah kasus di mana gas buang dari sisa pembakaran tersebut mengeluarkan bau bahan bakar. Maka dari sinilah kita bisa menebak bahwa terdapat sesuatu yang tidak beres dari mesin motor Anda tersebut.

Seharusnya bahan bakar yang telah terbakar sempurna tidak akan ada bau apapun. Maka bila knalpot motor berbau bensin, kemungkinan besarnya ialah proses pembakaran yang terjadi di ruang bakar tidaklah berlangsung secara sempurna.

Yang pasti adanya suatu masalah di ruang bakar mesin tersebut, Akibatnya masih terdapat sisa bahan bakar yang belum terbakar dan keluar secara sempurna melalui knalpot motor.

Penyebab Kenalpot Motor Bau Bensin

Berikut ini adalah faktor-faktor yang mungkin bisa menjadi penyebab knalpot motor bau bensin.

Knalpot Motor Bau Bensin Yang Menyengat1. Yang pertama mulai dari penyebab yang paling sederhana adalah knalpot motor terkena tumpahan bahan bakar baik itu secara sengaja ataupun tidak. Pada kasus ini akan mengakibatkan gas pada knalpot tersebut berbau bensin yang cukup menyengat. Anda dapat memeriksa permukaan knalpot motor untuk mengecek ada atau tidaknya tumpahan atau cipratan bensin pada salah satu permukaan knalpotnya.

2. Penyebab kedua adalah pada settingan karburatornya yang tidak pas. Kemungkinan besar ialah anda telah mengatur pemakaian bahan bakar yang lebih banyak dibandingkan udara agar motor dapat bergerak lebih cepat. Tetapi akibatnya motor pun akan menjadi boros bahan bakar serta tercium bau bensin yang samar-samar pada asap knalpotnya. Maka silakan anda atur kembali untuk memperbaiki karburatornya.

3. Yang terakhir ialah proses pembakaran pada sepeda motor anda tidak berlangsung secara sempurna. Hal tersebut mengakibatkan adanya bahan bakar yang belum terbakar pada ruang bakar serta mengalir keluar dengan melewati knalpot. Maka anda perlu memeriksa satu per satu kondisi semua pada komponen motor yang berhubungan dengan pembakaran. Serta gantilah komponen2 yang rusak.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan dalam dunia otomotif, terimakasih sudah membaca artikel ini, salam otomotif

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya: