10 Penyebab Lampu Indikator Mobil Menyala Terus [WAJIB BACA]

Posted on

10 Penyebab Lampu Indikator Mobil Menyala Terus [WAJIB BACA]

10 Penyebab Lampu Indikator Mobil Menyala Terus – Pada mobil keluaran terbaru saat ini telah memiliki panel instrumen yang dapat memberikan informasi tentang perihal kendaraan. Pada saat setiap kunci dikontak diputar ke `ON` maka sejumlah ikon yang merujuk pada suhu atau temperatur mesin, tekanan oli, serta mesin akan menyala dan kemudian indikator mati.

Lampu Indikator Mobil Menyala TerusJika lampu indikator pada dashboard tidak kunjung mati, masalah tersebut mengindikasikan adanya masalah pada mobil. maka untuk indikator mesin, setidaknya terdapat sejumlah hal yang bisa membuatnya menyala serta gal tersebut menandakan perlu perbaikan.

Utuk Indikator mesin mobil mengambil data dari semua sensor yang berada pada mesin, drive train, serta sasis. jika terjadi hubungan singkat atau konslet (short) ataupun ada kabelnya putus maka secara otomatis indikator lampu pada mesin akan menyala,

Karena ECU hanya akan menerima output dan input secara terus menerus jika terjadi penyimpangan secara otomatis dan akan memberikan tanda lampu mesin yang akan menyala.

Menurut laporan tahun 2016 Vehicle Health Index versi CarMD, masalah ataun gejala perbaikan yang umumnya dilakukan pada saat indikator mesin menyala terdapat 10 aspek yang perlu diperiksa.

Berikut ialah 10 komponen yang paling sering atau  banyak diganti akibat lampu insikator menyala, untuk lebih jelasnya maka simak ulasan berikut ini.

Untuk kendaraan-kendaraan modern biasanya telah dilengkapi dengan lampu-lampu indikator. Lampu indikator ini yang akan menjadi penanda awal jika terjadi kerusakan pada salah satu komponen atau sistem kendaraan.

Lampu-lampu indikator tersebut biasanya terletak pada panel instrumen yang menyatu dengan speedometer dan tachometer. Bentuknya pun berupa lambang-lambang khusus yang berfungsi menandai beberapa bagian dari sistem pada mobil. Apa sajakah lampu indikator yang biasanya terdapat di panel instrument, Berikut inilah penjelasannya.

Penyebab Lampu Indikator Mobil Menyala Terus

1. Indikator Rem

Jika lampu indikator tersebut menyala maka hal tersebut menandakan rem tangan pada mobil Anda masih aktif. tetapi bila handbrake telah di release, tetapi lampu indikator tersebut masih menyala, hal tersebut menandakan minyak rem pada kendaraan Anda habis. Maka segera isi ulang dengan minyak rem yang baru.

2. Indikator Temperatur Mesin

Pada saat lampu ini menyala maka suhu atau temperatur mobil terdeteksi tinggi. Biasanya hal tersebut diikuti pada indikator jarum temperatur yang terdapat pada panel instrumen yang telah naik pada posisi garis merah atau H.

3. Indikator Sabuk Pengaman

Jika pada dashboard atau panel instrumen mobil terdapat lampu seperti ini yang berkedip, maka hal tersebut menandakan sabuk pengaman yang belum terpasang. Maka biasanya bila sabuk pengaman tidak dipasang dalam jangka waktu yang lama maka kedip lampu indikator akan diikuti dengan bunyi peringatan.

4. Indikator Aki

Apabila lampu indikator seperti ini pada panel instrumen menyala, hal tersebut menandakan baterai atau aki pada kendaraan Anda sudah kehabisan daya atau malah rusak. Segera ganti aki dengan yang baru.

5. Indikator Bahan Bakar

bila lampu indikator yang berbentuk selang pengisian bahan bakar tersebut menyala atau berkedip maka hal tersebut pertanda bahwa bahan bakar pada tangki bahan bakar kendaraan hampir habis.

6. Indikator Oli

Pada saat lampu indikator seperti ini menyala, maka sistem yang terdapat pada kendaraan mendeteksi bahwa ruang mesin kekurangan cairan pelumas atau oli. Maka segeralah isi dengan memakai oli baru sebelum kerusakan akan merambat ke bagian-bagian lain.

7. Indikator Airbag

Pada mobil keluaran terbaru tentunya sudah dilengkapi air bag, untuk mobil yang sudah dilengkapi dengan fitur airbag, maka bila lampu indikator ini menyala itu berarti terjadi kerusakan pada sistem keselamatan tersebut. Maka segeralah lakukan pemeriksaan di bengkel-bengkel resmi.

8. Indikator Mesin

Pada saat lampu indikator yang biasanya berbentuk gambar mesin tersebut menyala serta kendaraan tidak dapat di starter atau dinyalakan, maka ha tersebut terdeteksi adanya masalah pada ruang mesin. maka segera kontak layanan bengkel resmi pada kendaraan Anda

9. Indikator ABS

Sama halnya seperti lampu indikator Airbag, jika pada lampu ini menyala berarti menandakan terjadinya masalah pada sistem pengereman ABS (Anti Lock Brake System).

10. Thermostat

Termostat adalah merupakan komponen yang fungsinya mengatur pendingin mesin yang sangat ideal secara otomatis. bila komponen  ini rusak, maka komputer kendaraan tersebut akan menyalakan lampu check engine.Lampu Indikator Mobil Menyala Lampu

Demikian informasi yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih sudah mengunjungi arttikel ini.

Baca Juga: