[LIHAT] Penyebab Lampu Mobil Kurang Terang Dan Mengatasinya

Posted on

Penyebab Lampu Mobil Kurang Terang Dan Mengatasinya

Penyebab Lampu Mobil Kurang Terang Dan Mengatasinya – Lampu merupakan salah satu komponen terpenting pada mobil, tanpa adanya lampu anda pastinya akaLampu Kurang Terang satun kesulitran sekali saat mengendarai mobil dalam keadaan gelap, lampu mobil juga tidak hanya berguna saat berjalan pada kegelapan, namun untuk membantu melihat saat ada kabut tebal dan tanda untuk pengendara mobil yang lain jika ada sebuah mobil. Tetapi lampu pun tak luput dari masalah, lampu mobil yang kurang terang, mungkin terjadi pada mobil yang usia pakainya sudah lama dan belum pernah di bersihkan, Berikut penyebab lampu mobil tidak terang.

Penyebab Lampu Mobil Tidak Terang

  • Daya Dari Lampu

Pada umumnya daya dari bohlam yang dipakai sangat mempengaruhi terang dan tidaknya sinar atau cahaya yang dihasilkan, semakin kecil dayanya maka semakin redup lampu tersebut, namun untuk saat ini daya dari lampu yang kecil dapat diperbaiki dengan melakukan perbaikan Reflektor dan membuat cahaya lampu fokus ke depan.

  • Reflektor Lampu

Jika kondisi refektor lampu sudah kusam, kotor serta terkelupas sehingga tidak mulus lagi, maka cahaya yang terpancar pun remang-remang atu redup, karena titik fokus kurang maksimal, yang harus dilakukan mengganti Reflektor

  • Ground Atau Masa

Jika masa tidak pas atau kendor, tentu saja dapat mempengaruhi kelistrikan, tegangan listrik kelampu halogen yang harusnya 12 Volt berkurang, dan membuat lampu jadi redup.

  • Sistem Kabel

Kabel yang terlalu panjang, banyak sambungan, dan soket sudah longgar pasti arus yang mengalir tidak lancar, menyebabkan lampu redup.

  • Sistem Pengisian

Jika pengisian batrai mobil menggunakan regulator manual menyebabkan lampu depan redup, terlebih jika posisi mesin pada posisi yang stasioner, jika RPM tinggi dan sistem pengisian kurang maka membuat lampu menjadi redup.

Setelah menetahui penyebab lampu mobil menjadi redup, berikut solusinya.

Solusi Biar Lampu Bersih Dan Terang Kembali

  • Memasang Voltr Stabilizer

Fungsi memasang Volt Stabilizer membuat sistem kelistrikan menjadi stabil dan membuat lampu menjadi terang, tidak hanya lampu tetapi komponen elektronik yang lain juga ikut stabil.

  • Memasang Relay

Pemasangan relay berfungsi agar tegangan dari lampu bisa dimaksimalkan tanpa terjadinya kerusakan.

  • Pemilihan Lampu

Pilihlah lampu yang pas dengan cahaya tidak terlalu terang dan besar watt nya paling tidak sebesar 100  Watt, kombinasikan juga dengan soket yang bagus.

  • Pemeriksaan

Pemeriksaan dilakukan secara menyeluruh, periksa soket dan lampu, pastikan tidak ada yang longgar dan perhatikan kabel dari lampu berfungsi dengan baik, jika terdapat sekering lampu yang rusak segera ganti.

  • Ganti Reflektor

Jika kondisi Reflektor sudah kusam dan kotor didalamnya ganti yang baru, karena membuat lampu tidak fokus lagi.

Itulah info tentang penyebab lampu mobil kurang terang semoga bermanfaat, terimakasih sudah mengunjungi artikel ini.

Baca juga artikel: