[WAJIB TAHU] Pilih Aki Kering Atau Basah, Mana Paling Bagus?

Posted on

Pilih Aki Kering Atau Basah, Mana Paling Bagus? – Diwaktu anda akan membeli aki untuk mobil, pastinya para pemilik mobil tentu dihadapkan pada pertanyaan apakah akan memilih aki kering atau aki basah. Untuk pengertian aki kering yang dimaksud ialah sebenarnya tetaplah di dalamnya memiliki air aki (cairan elektroda) sebagai kandungannya.

Mungkin di indonesia karena tampilannya tertutup dan tidak transparan seperti halnya aki basah (yang memakai air aki) orang menyebutnya aki kering. Hanya saja untuk aki kering ini untuk cairan elektrodanya berbentuk gel sehingga tampak padat dan karena tertutup menjadi tidak terlihat.

Untuk aki mobil (accu) atau juga bisa disebut baterai merupakan salah satu komponen terpenting dalam sistem kelistikan mobil. Karena seluruh perangkat elektronik dan kelistrikan yang ada di dalam, maka mobil akan mengambil tenaga listriknya dari aki atau batrai yang dipakai.

Secara otomatis aki pada kendaraan akan menjadi tempat penyimpanan daya listrik dan selanjutnya akan dialirkan ke tiap tiap dan perangkat elektronik yang membutuhkan seperti lampu-lampu, ac, audio serta komponen – komponen penting lainnya di dalam mobil.

Pilih Aki Kering Atau Basah

Aki kering pada kendaraan baik itu mobil maupun motor adalah versi pengembangan dari aki basah. Karena dengan menggunakan aki kering, maka perawatan aki yang dibutuhkan juga menjadi lebih minim, itu karena pemilik aki mobil tidak perlu lagi menambah air aki secara berkala. Maka dari itu, aki mobil kering ini cenderung memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan aki basah.

Pada kondisi cuaca yang cenderung bersuhu panas contohnya seperti iklim tropis di Indonesia, air aki cenderung lebih mudah untuk menguap pada saat pemakaian. Terlebih lagi ditambah dengan suhu ruang tempat mesin yang tinggi.

Hal tersebut tidak hanya dialami pada jenis aki basah. Pada aki kering ini pila bisa mengalami penguapan pada cairan elektroda yang ada. Akan tetapi cairan tersebut tidak akan menguap sampai bocor keluar pada penampungan cairan aki tersebut.

Meskipun begitu, untuk cairan yang menguap di dalam aki basah bisa dengan mudah digantikan. Dan caranya ialah hanya dengan menambahkan cairan aki baru untuk menggantikan cairan aki yang telah secara berkala.

Dan sedangkan untu aki tipe kering kering, meskipun penguapan yang terjadi itu sangatlah minim, akan tetapi dalam jangka panjang cairan tersebut akan habis juga.

“Perlu diingat untuk air aki yang bungkus kemasannya warna biru untuk menambah, sedangkan yang berwarna merah untuk pengisian awal ataupun jika air aki dikuras maka direkomendasikan untuk memakai yang berwarna merah”

Pilih Aki Kering Atau yang Basah

Bentuk Aki Basah

untuk jenis aki basah, kondisi air atau ukuran aki bisa anda ukur dengan garis batas upper level dan juga lower level. Untuk menjaga agar performa selalu optimal, maka pemilik mobil harus bisa memastikan supaya air akinya berada di antara paramater tersebut

Bentuk Aki Basah

sedangkan untuk tipe aki kering, tulisan atau tanda parameter level tersebut sudah tidak tersedia lagi. Tidak hanya itu saja, lubang-lubang untuk melakukan pengisian air aki juga sudah tidak disediakan oleh produsen aki.

Maka dari itu, aki kering ini bisa disebut sebagai aki bebas perawatan dan hanya sekali pakai. Saat sudah lemah atau rusak, aki kering harus langsung diganti dengan yang baru.

Sedangkan untuk aki basah walapun sudah lemah terkadang masih bisa di cas dan kembali normal, akan tetapi itu hanya sementara, jika memang sudah lemah maka disarankan untuk mengganti akinya dengan yang baru.

Tipe aki basah sebenarnya lebih cocok digunakan untuk kondisi di Indonesia yang beriklim tropis cenderung panas. Selain dari harga aki basah yang lebih murah dibandingkan aki kering, masa pakai aki basah juga bisa lebih panjang dibandingkan dengan aki kering.

tetapi itu semua harus selalu dirawat dengan tepat. Yang anda perlu lakukan hanyalah dengan selalu memastikan pasokan listrik dari alternator stabil serta air akinya selalu dalam parameter yang pas ditengah tengah garis yang di tentukan.

Pilih Aki Kering Atau Basah untuk kendaraan

akan tetapi bila anda mencari aki yang bebas perawatan karena anda tidak mau disibukkan dengan mengisi air aki secara berkala, maka dengan aki kering untuk mobil ialah pilihan yang paling pas. karena dalam segi perawatan aki kering ini bisa dibilang nyaris tidak ada.

Tetapi semua ada resikonya resikonya, anda harus menyiapkan uang cadangan untuk membeli aki baru jika secara mendadak aki kering yang anda gunakan sudah lemah atau bahkan rusak rusak.

Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan, semoga informasiyang kami sampaikan tentang cara memilih aki kering atau aki basah bisa bermanfaat untuk anda, terimakasih banyak sudah membaca artikil ini.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya: