[100% AMPUH] Cara Memperbaiki Starter Motor Mati

Posted on

Cara Memperbaiki Starter Motor Mati

Cara Memperbaiki Starter Motor Mati – Salah satu komponen yang terpenting pada sepeda motor adalah elektrik stater atau dinamo stater, jika komponen satu ini mati maka akan bikin repot, mungkin tidak seberapa berpengaruh untuk sepeda motor ber cc kecil, karena kalau harus ngengkol tidak terlalu berat. Tapi jika motor anda ber cc besar dan stater elektrik mati bisa bikin sakit kaki apalagi kalu kaki anda sampai kseleo pasti menambah masalah, kebayang kan gimana ribetnya, berikut cara memeriksa dan memperbaiki sepeda motor yang stater elektriknya mati.Dinamo Starter Mati New

Ada beberapa hal dan tahapan dalam pemeriksaan untuk memperbaiki elektrik stater yang mati, berikut tahapan serta cara yang bisa dilakukan.

Cara Memeriksa Dan Memperbaiki Stater Motor Mati

Dinamo Starter Mati New2

  • Periksa Aki / Accu

Pertama adalah periksa dahulu aki dengan cara ON kan kunci kotak apakah lampu spidometer menyala, lihat juga indkitaor lampu netral menyala atau tidak, selanjutnya coba bunyikan klakson dengarkan bunyinya jika keras kemungkinan aki anda normal, kemudian cek sekring putus atau tidak, biasanya letak sekring di samping aki, jika sekring juga bagus maka langsung cek akinya, cara mengeceknya dengan menggunakan dua buah obeng hubungkan antara kutup positif da negatif dan gesekan jika terjadi percikan aki yang besar maka aki normal begitu pula sebaliknya jika percikan sangat kecil aki anda yang mati.

  • Periksa Switch Tombol Starter

Jika aki dalam kondisi bagus tetapi stater tidak mau hidup maka langkah selanjutnya ke tombol starter, coba buka soket pada tombol stater, kemudian sambungkan atu colokan kedua buah kabel jika satater hidup maka tanda bahwa tombol switch stater yang rusak.

  • Periksa Bendik Stater

Jika switch tombol starter dan aki bagus dan motor tidak mau distarter coba cek kabel yang arusnya ke otomtis stater  atau bendik starter ada arus listrik atau tidak, jika pada otomatis starter atau bendik terdengar bunyi klek ketrika tombol stater ditekan maka bendik stater normal dan langsung ke poin yang selanjutnya.

  • Periksa Kul Starter

Jika bendik starter normal maka kemungkinan terbesar kul starter habis, coba cabut kuabel yang terhubung ke dinamo stater dan gesekan pada kerangka motor, jika tidak ada percikan api maka stater mati.

  • Buka Dinamo Starter Dan Ganti Kulnya

langkah berikutnya buka dinamo stater dan ganti kulnya, jika kul stater sudah diganti maka masih tidak mau menyala juga kemungkinan dinamo stater yang rusak,  yang  perlu dilakukan servis ke tukang dinamo stater.

Jika ditemukan dinamo stater mati, dan anda ingin menggantinya dengan yang baru maka bisa anda lihat di Daftar Harga Dinamo Stater Motor Terbaru , Mohon maaf jika dirasa kurang jelas penjelasannya, semoga bermaanfaat bagi anda terimakasih.

Baca juga artikel: