[LENGKAP] Penyebab & Cara Mengatasi Stater Mobil Bunyi Cetek Cetek

Posted on

Penyebab & Cara Mengatasi Stater Mobil Bunyi Cetek Cetek  – Starter pada mobil merupakan salah satu komponen yang cukup penting pada mesin mobil yang sangat sering bermasalah. Untuk masalah pada starter mobil ini dapat anda dikenali dari beberapa cara. Untuk salah satunya adalah dengan cara anda mendengarkan suaranya. Pada starter mobil yang mengalami masalah, suara staternya tidak akan semulus pada starter mobil yang normal atau baik-baik saja.

Terdapat  bunyi aneh yang ditimbulkan masalah seperti misalnya “cetek-cetek” ada juga bunyi putus-putus “K-K-K-K”, untuk masalah starter mobil sangat sering menjadi penyebab mobil macet atau mogok secara mendadak. Maka dari itu, para pengemudi mobil harus peka terhadap suara-suara yang dikeluarkan oleh starter ataupun suara mesin mobil. supaya bisa diketahui masalah yang terjadi di bagian starter mobil.

Mengatasi Stater Mobil Bunyi Cetek Cetek

Dan juga untuk mengetahui bagaimana cara mematikan mesin mobil yang tepat untuk pengendara juga sangatlah penting. Pada artikel ini kami akan menjelaskan lebih lanjut tentang penyebab starter mobil bunyi cetek cetek, dan juga bagaimana cara menanganinya, untuk lebih jelasnya simak ulasan panduanmontir berikut ini.

Penyebab Starter Mengeluarkan Bunyi

Starter mobil berbunyi cetek cetek bisa terjadi dikarenakan ada dua kemungkinan, yaitu accu  atau baterai yang mati dan juga masalah pada starternya.

  • Aki Atau Baterai Yang Mati

bila baterai sudah lemah atau kondisinya benar-benar mati, ada kemungkinan starternya pun akan menjadi lambat. Maka anda akan mendengar seperti suara menggeram “RRR-RRR-RRR”. bila voltasenya atau arus listriknya jauh menurun, bunyinya juga akan menjadi putus-putus “K-K-K” atau “cetek cetek” dan bila voltasenya jauh lebih menurun lagi, maka bisa jadi tidak akan ada suaranya. Dan untuk hubungan antara baterai yang mati dan juga starter mobil yang mengeluarkan bunyi ialah berikut ini:

1. Bila pada waktu anda sedang menyalakan starter mobil kemudian terdengar suara “klik” yang cukup keras, kemudian tenaga mobil anda akan mati setelahnya, maka masalah tersebut bukan terdapat pada starter mobilnya. Masalah tersebut dapat terjadi dikarenakan sambungan baterai yang telah kotor dan mengalami korosi atau sudah longgar. Pada saat tenaga mobil mati (termasuk radio, lampu mobil dan komponen kelistrikan lainnya) memang akan lebih baik jika anda memeriksa sambungan baterai atau akinya terlebih dahulu sebagai langkah awal.

2. Pada saat anda menyalakan starter, perhatikan apakah Anda mendengar suara “klik” yang cepat serta bertubi-tubi? Bila anda mendengar bunyi tersebut, lagi-lagi ini bukan diakibatkan oleh masalah starter. Akan tetapi masalahnya karena baterai yang telah kehabisan daya ataupun sambungan baterai yang telah kendur.

Penyebab Stater Mobil Bunyi Cetek Cetek

3. Bila pada waktu anda memutar kunci starter atau menyalakan mobil dan setelahnya starter mengenkol atau bekerja tetapi mesin kedaraan tidak menyala, maka hal tersebut bukanlah merupakan tanda-tanda dari starter yang buruk atau rusak. Pada saat hal tersebut terjadi pada mobil, kemungkinan besar masalah yang terjadi ialah pada busi yang rusak atau mau mati, kesalahan pompa bahan bakar dan kurangnya tekanan oli di dalam kinerja mesin atau injektor bahan bakar yang sudah kotor usahakan selalu membersihkannya secara berkala.

  • Starter Mobil Yang Rusak

pada saat starter mobil yang rusak juga bisa mengakibatkan mobil mengeluarkan suara “cetek cetek” pada waktu dinyalakan. Kondisi starter yang buruk bisa mengelabui pengemudi mobil yang menganggap mobilnya mogok yang di akibatkan oleh baterai atau aki yang mati. Suara yang disebabkan oleh starter yang buruk sangat mirip dengan suara yang dihasilkan oleh aki yang lemah. Kondisi starter yang buruk akan berputar dengan lamban serta akan menarik banyak daya baterai sehingga persediaan baterai mobil anda  tidak akan cukup. bila starter sama sekali tidak dapat menyala, maka kemungkinan besar solenoidnya yang bermasalah ataupun pada saklar pembakarannya (ignition switch) anda bisa mengeceknya.

Cara Menangani Starter Mobil Yang Mengeleuarkan Bunyi

Semenjak starter mobil yang mengeluarkan bunyi disebabkan oleh baterai yang telah bermasalah, maka penanganannya ialah dengan cara menangani masalah-masalah pada baterai mobil. Usaha yang bisa anda lakukan untuk mengatasi baterai yang mati tersebut dengan cara memeriksa sambungan baterai atau battery terminalnya.

Caranya ialah dengan membuka kap mobil kemudian anda periksa sambungan yang menyambungkan baterai dengan mesin kendaraan anda. Terdapat dua sambungan yaitu positif dan negatif. Supaaya keduanya bisa menghantarkan listrik dengan baik, maka caranya logam yang berada pada kedua sambungan tersebut harus dibersihkan terlebih dahulu dari debu ataupun karat.

Cara membersihkannya bisa memakai sikat gigi karena bisa membantu menghilangkan debu dan juga karat yang menempel atau bisa juga menggunakan amplas yang halus.

Demikian itulah penjelasan tentang Starter Mobil Bunyi Cetek Cetek yang sering sekali dialami oleh para pengendara mobil terutama mobil yang kurang perawatan. Karena bila anda adalah salah satunya, maka hal pertama yang perlu untuk diperiksa ialah baterai atau aki mobil anda.

Karena kemungkinan terbesar, suara “cetek cetek” yang dihasilkan oleh mobil tersebut diakibatkan oleh sambungan baterai yang telah kendur, atau daya baterai yang lemah, bahkan daya baterai yang sudah habis sama sekali. Selain dari masalah baterai, starter yang buruk juga dapat menjadi penyebab mobil mengeluarkan bunyi “cetek cetek”. Dan starter yang buruk bisa memakan banyak daya accu. Sehingga baterai pun akan menjadi lebih cepat habis.

Maka selalu memeriksa dan melakukan peraawatan pada baterai serta komponen kelistrikan mobil kesayangan anda secara berkala agar kondisinya selalu prima, terimakasih sudah membaca artikel ini, salam otomotif.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya: