10 Tips Jitu Merawat Wiper Mobil Dan Pasti Lebih Awet

Posted on

Tips Jitu Merawat Wiper Mobil Dan Pasti Lebih Awet

Tips Jitu Merawat Wiper Mobil Dan Pasti Lebih Awet – Wiper atau penyapu air merupakan bagian terpenting pada mobil, apalagi jika musim hujan, wiper yang berkerja dengan baik membantu ketika dalam keadaan hujan, tetesan air hujan yang menutupi kaca mobil akan membatasi pandangan pengendara dan kerap mengganggu konsentrasi pengemudi, beberapa survei yang dilakukan membuktikan, kecelakaan lalu lintas pada musim hujan lebih didominasi karena wiper tidak berfungsi dengan baik.

Wiper Mobil Bersih

Agar wiper bisa berfungi dengan baik, harus dilakukan perawatan lebih optimal, yaitu dengan cara membersihkan agar wiper awet, berikut tips yang mungkin bisa menjadi referensi.

Tips Merawat Wiper Mobil

  1. Cek kondisi wiper terlebih dahulu apakah karet wiper masih bagus, bila ditemukan adanya retakan atau karet sudah lapuk, sebaiknya melakukan penggantian karet wiper.
  2. Saat melakukan pembersihan pada wiper alangkah baiknya memasang stand agar wiper tidak menempel pada kaca mobil.
  3. Usahakan saat membersihkan wiper jangan mengelap pinggiran karet pada wiper, karena terdapat lapisan kimia yang menjaga elastisitasnya.
  4. Untuk membersihkan karet wiper bisa menggunakan alat atau cairan khusus pembersihh wiper.
  5. Tuangkan cairan pembersih secukupnya dan tambahkan air, kemudian bersihkan wiper secara perlahan.
  6. Periksa bagian poros engkol wiper, semprotkan cairan pembersih secara berkala agar pergerakan wiper lancar dan tidak serat.
  7. Periksa tangki air wiper secara berkala, jangan sampai kehabisan.
  8. Cukup gunakan air dicampur shampo atau sabun untuk mengisi tangki wiper mobil.
  9. Atur arah semprotan air wiper ke arah bagian mana wiper akan menyapu
  10. Jika lubang semprotan wiper tersumbat, bersihkan dengan jarum agar semprotan lancar.

Jika ingin mempunyai wiper mobil yang awet bisa lakukan tips-tips diatas, wiper yang selalu dirawat akan berfungsi dengan baik dan memberikan kenyamanan serta keamanan berkendaara, terimakasih sudah mengunjungi artikel ini.

Baca juga artikel: